Sering Diabaikan, Ini 4 Manfaat Asuransi untuk Anak Muda

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 27 Mei 2021
Dibaca kali
Sering Diabaikan, Ini 4 Manfaat Asuransi untuk Anak Muda

Melansir Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), indeks literasi keuangan di Indonesia berada di angka yang tergolong rendah, yaitu 38.03% serta indeks inklusi keuangan senilai 76.19% yang juga dianggap rendah. Di dalamnya, termasuk literasi perasuransian yang dalam indeks literasi keuangan bernilai 19.4% dan dalam indeks inklusi keuangan hanya senilai 13.15% saja. Persentase ini tak hanya berlaku bagi orang tua saja, melainkan anak muda juga ikut andil. Padahal, asuransi membawa banyak manfaat bagi anak muda.

 

Hal ini selaras dengan kecenderungan target pasar asuransi saat ini menurut AAJI adalah generasi muda yang paling memahami teknologi, yaitu Milenial dan juga Generasi Z. AAJI percaya bahwa pemahaman asuransi bisa dilakukan melalui pendekatan secara online, inovasi produk yang dicocokkan dengan kebutuhan anak muda, lebih mengutamakan target pasar yang memahami teknologi dan terakhir dengan menerapkan teknologi modern dalam praktik asuransi, mulai dari beli hingga klaim.

 

Lantas, apakah kamu bagian dari Milenial dan Generasi Z, tetapi masih belum punya asuransi? Untuk itu, baca terus artikel ini agar memahami bagaimana asuransi bisa membawa banyak manfaat untuk anak muda!

 

4 Manfaat Asuransi Untuk Anak Muda

Tidak hanya untuk orang dewasa, asuransi juga membawa banyak manfaat bagi anak muda, lho, Smart People! Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan:

 

1. Membantu mengatur keuangan

Salah satu manfaat asuransi yang bisa dirasakan oleh anak muda adalah membantu dalam mengatur keuangan. Kok, bisa? Hal ini disebabkan setelah resmi menjadi Peserta Asuransi, kamu akan dikenakan premi yang harus dibayar setiap bulan. Alhasil, kamu pun akan lebih peka dalam mengatur pemasukan dan pengeluaranmu agar tetap on track. Selain itu, kamu pun jadi terbiasa dalam menyisihkan dana darurat untuk kejadian yang tidak terduga di masa depan.

 

2. Sifatnya lebih dari sekadar ‘jalanin aja

Dengan memiliki asuransi, tentunya kamu akan merasakan ketenangan dan fokus menjalani hidupmu, tanpa perlu khawatir lagi akan apa yang terjadi di masa depan. Bukan tidak mungkin kejadian tak terduga terjadi di masa depan, seperti sakit hingga kerusakan kendaraan. Namun, kini kamu telah terlindungi dengan asuransi yang dimiliki. Jadi, bisa dikatakan bahwa asuransi membuat hidupmu tidak hanya sekadar ‘jalanin aja’, ya.

 

3. Premi yang tidak membebani

Memang, dengan mendaftarkan diri di suatu produk asuransi mengharuskanmu untuk membayar sejumlah premi setiap bulannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir! Sebab, umumnya premi yang dikenakan perusahaan asuransi kepada anak muda lebih murah nominalnya sehingga tidak akan membebani. Jadi, semakin cepat kamu mendaftar, semakin murah pula premi yang harus dibayar.

 

4. Bisa menjadi tabungan di masa depan

Sekarang, menabung tidak hanya bisa dilakukan lewat bank saja, tetapi juga lewat asuransi. Pasalnya, setiap premi yang kamu bayarkan tiap bulan merupakan bentuk tabunganmu untuk masa depan. Jadi, dengan memiliki asuransi, kamu menginvestasikan sejumlah dana yang nantinya bisa melindungimu apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dan melakukan klaim asuransi atas risiko tersebut.

 

Kapan Waktu yang Tepat bagi Anak Muda untuk Punya Asuransi?

Perlu diingat bahwa setiap anak muda harus memiliki prinsip ‘kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti?’ yang bisa diterapkan. Jadi, untuk menjawab pertanyaan “Kapan waktu yang tepat bagi anak muda untuk punya asuransi?”, jawabannya adalah secepat mungkin. 

 

Kok gitu?

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa premi asuransi yang harus dibayar oleh anak muda nilainya lebih murah dibandingkan dengan orang tua. Sistem ini sudah umum diterapkan oleh berbagai perusahaan asuransi, dikarenakan standar kesehatan yang dimiliki anak muda berusia 20-30 pada umumnya tahun cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan orang dewasa. Jadi, risiko terkena penyakit dalam waktu dekat pun lebih kecil.

 

Ditambah lagi, kamu yang masih berusia muda pun cenderung masih belum memiliki banyak tanggungan. Nah, ada baiknya untuk mengalokasikan sejumlah pendapatanmu untuk asuransi, ya. Kamu bisa menjadikan asuransi sebagai lahan tabungan yang bisa melindungimu atas risiko yang mungkin saja menimpamu di masa depan. 

 

Semakin kamu menunda untuk punya asuransi, selain semakin mahal premi yang dikenakan, juga semakin sulit dalam untuk mengatur keuangan karena tanggungan yang kamu miliki ikut bertambah. Sementara itu, risiko bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jadi, kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti?

4 Manfaat Asuransi untuk Anak Muda

Berikut 2 Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Anak Muda

Produk asuransi memang terdiri dari banyak jenis, tetapi ada 2 jenis asuransi mendasar yang wajib dimiliki oleh anak muda karena sesuai dengan profil yang dimilikinya, yaitu:

 

1. Asuransi Kesehatan

Produk satu ini merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk proteksi kesehatan, yang umumnya berbentuk tanggungan biaya perawatan dan pengobatan. Memang, penyakit bisa datang menghampiri tanpa mengenal tempat dan waktu, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi jika sudah punya asuransi kesehatan apalagi sejak dini. 

 

Meski begitu, perlu diingat bahwa manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan berbeda-beda, ya, tergantung dengan produk asuransi kesehatan dan plan yang dipilih. Seperti pertanggungan rawat jalan, rawat inap, hingga ICU.

 

2. Asuransi Umum

Jenis asuransi selanjutnya yang wajib dimiliki oleh anak muda adalah asuransi umum. Asuransi umum adalah produk asuransi yang mencakup perlindungan di luar dari kesehatan dan jiwa, seperti kendaraan baik motor ataupun mobil. 

 

Di era sekarang, salah satu hal yang esensial dimiliki oleh anak muda adalah kendaraan. Tidak menutup kemungkinan kendaraan tersebut mengalami kerusakan, baik yang disadari maupun tidak. Sehingga, kamu harus mulai menyediakan perlindungan dengan asuransi motor juga asuransi mobil, ya.

 

Biaya yang Perlu Dikeluarkan untuk Asuransi

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin pertanyaan “Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk asuransi?” timbul dalam benakmu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya kamu bisa menimbang-nimbang produk asuransi yang tersedia di pasaran. Sebab, berbeda produk serta plan yang kamu pilih, maka akan berbeda pula biaya yang harus kamu keluarkan.

 

Salah satu produk asuransi yang bisa kamu pilih adalah produk asuransi dari Tugu Insurance. Mulai dari asuransi kesehatan hingga asuransi kendaraan, bisa kamu dapatkan. Asuransi kesehatan Tugu Insurance menawarkan program seperti Jaminan Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan (Rawat Inap), Rawat Jalan, Rawat Bersalin, Rawat Gigi, dan Kacamata.

 

Tak hanya itu, Tugu Insurance juga menawarkan Asuransi Mobil (tdrive) dan Asuransi Motor (tride) yang bisa dibeli dan melakukan pengajuan klaim via online, lho! Asuransi tdrive menyediakan proteksi untuk kerusakan sebagian atau total (Comprehensive), juga kehilangan dan kerusakan mobil yang melebihi 75% dari harga mobil akibat kecelakaan atau kebakaran (Total Loss Only) dengan premi mulai Rp33.000 saja per bulannya. 

 

Sementara untuk asuransi tride, kamu bisa melakukan proteksi terhadap motormu dalam bentuk biaya penggantian berkat kehilangan atau kerusakan motor di atas 75% dari harga motor tersebut, bisa dari kecelakaan maupun tindakan tidak sengaja lainnya (Total Loss Only). Premi yang dikenakan pun terjangkau, mulai dari Rp10.000 saja per bulannya.

Jadi, tunggu apa lagi? Setelah membaca ulasan mengenai manfaat asuransi untuk anak muda, kamu bisa langsung proteksi dengan produk asuransi dari Tugu Insurance! Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil (tdrive) hingga asuransi motor (tride), semuanya lengkap. Yuk, kunjungi www.tugu.com dan follow juga Instagram @tuguinsurance.