Sering Diabaikan, Ini 4 Manfaat Asuransi untuk Anak Muda

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 27 Mei 2021
Dibaca 106 kali
Sering Diabaikan, Ini 4 Manfaat Asuransi untuk Anak Muda

Hingga tahun 2019, anak muda yang memiliki asuransi di Indonesia hanya ada sekitar 6-7 persen. Apakah kamu masuk ke dalam hitungan tersebut? Hal ini menjadi sangat dilematis karena generasi muda yang lahir di era 90-an misalnya, kini sudah memasuki usia produktif dan rata-rata sudah menjalani hidupnya sebagai pekerja yang tentunya membutuhkan manfaat asuransi. Tentu kamu menyadari pentingnya asuransi, kan?

 

Smart people, pada masanya, anak muda memang ingin melakukan dan mencoba banyak hal tanpa pikir panjang. Nggak heran, kalau prinsip ‘jalanin aja’ sangat melekat pada figur anak muda. Jadi, wajar saja kalau banyak juga anak muda yang cenderung menghabiskan uangnya untuk sesuatu yang diinginkan tetapi bukan dibutuhkan. Hal ini lalu berujung pada kebiasaan boros dan kesulitan mengatur keuangan untuk persiapan masa depan. Selain keuangan, memiliki asuransi juga menjadi hal yang perlu dipersiapkan sejak dini. Percayalah, banyak sekali manfaat yang ditawarkan jika kamu memiliki produk asuransi.

 

Masih banyak sekali generasi muda yang belum sadar akan pentingnya memiliki asuransi. Asuransi sebenarnya memberikan banyak manfaat, bukan hanya untuk orang tua, tetapi juga sejak dini. Kalau kamu masih ragu untuk memiliki produk asuransi, ada baiknya kamu mengenali manfaat asuransi untuk anak muda yang akan dipaparkan di bawah ini. 

 

 

  • Membantu mengatur keuangan

 

Salah satu alasan mendasar pentingnya asuransi bagi anak muda atau milenial adalah sebagai sarana untuk mengatur keuangan. Jika kamu sudah memantapkan hatimu untuk memiliki produk asuransi, tentu kamu wajib membayar premi untuk asuransimu setiap bulannya. Sadar atau tidak, tindakanmu ini sudah membantumu belajar mengatur keuangan. Kamu jadi lebih ‘melek’ mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Selain itu, kamu juga jadi memiliki sejumlah dana cadangan yang bisa dimanfaatkan apabila terjadi sesuatu di masa depan. 

 

 

  • Lebih dari sekadar ‘jalanin aja’

 

Kalau kamu sudah memiliki asuransi, kamu pasti akan merasa lebih tenang dan bisa lebih konsentrasi untuk mengejar apa pun yang kamu inginkan di masa depan. Kenapa? Karena kamu tidak perlu khawatir jika ada sesuatu hal di masa depan yang membutuhkan pengeluaran tambahan misalnya jatuh sakit, kendaraan rusak, barang hilang, dan lain-lain. Semua itu telah dilindungi dengan asuransi yang telah kamu miliki. Jadi, apa pun yang kamu inginkan, kamu bisa melakukannya lebih dari sekadar ‘jalanin aja’.

 

 

  • Premi yang tidak membebani

 

Nah, alasan yang satu ini perlu kamu garis bawahi. Salah satu keuntungan memiliki asuransi di usia muda yaitu premi yang ditawarkan asuransi cukup terjangkau. Biasanya, beberapa lembaga asuransi menawarkan premi yang lebih murah untuk anak muda. Jumlah premi untuk beberapa produk asuransi biasanya didasari oleh beberapa faktor, utamanya usia dan kesehatan. Jadi, semakin muda kamu mendaftar, semakin murah juga premi yang kamu bayar.

 

 

  • Menjadi tabungan masa depan

 

Selain memiliki tabungan di bank, asuransi juga bisa menjadi sarana bagi kamu untuk menabung. Dengan ikut asuransi, uang yang kamu bayarkan setiap bulannya menjadi investasi di masa depan. Contohnya, jika kamu sudah berpikir panjang dan telah mempersiapkan asuransi untuk pendidikan anak sejak dini, maka di masa kamu membutuhkannya, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari dana pendidikan anakmu kelak. 

 

Masa depan memang tidak dapat diprediksi. Tetapi, nggak ada salahnya kalau kamu sebagai anak muda sudah “melek” dengan manfaat asuransi untuk perencanaan yang matang dan strategis bagi masa depanmu. Kamu bisa mengunjungi tugu.com untuk penjelasan dan pilihan asuransi terbaik yang bisa kamu dapatkan!