5 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Diketahui Pemegang Polis

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 08 Februari 2022
Dibaca 2583 kali
5 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Diketahui Pemegang Polis

Smart People, sadarkah kamu bahwa inflasi terjadi setiap tahun di berbagai bidang bahkan asuransi kesehatan? Bukan hanya pada kebutuhan pokok, namun kenaikan harga juga terjadi pada bidang Kesehatan. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir kenaikan harga atau inflasi dalam bidang Kesehatan lebih tinggi dibandingkan pada bidang lainnya. 

 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menyatakan, bahwa rata-rata biaya kesehatan di seluruh dunia termasuk Indonesia dalam 20 tahun terakhir naik lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi negaranya. Sebuah survey yang dilakukan salah satu  lembaga konsultan global Bernama Willis Tower Watson pun melaporkan , bahwa biaya kesehatan di Indonesia dalam 3 tahun terakhir meningkat sekitar 10%-11% setiap tahunnya.

 

Ada beberapa alasan mengapa inflasi di bidang Kesehatan bisa terjadi. Naiknya permintaan terhadap suatu kebutuhan, biasanya akan diikuti oleh meningkatnya harga jual dari kebutuhan tersebut. 

 

Di masa pandemi seperti sekarang, kebutuhan akan fasilitas Kesehatan jauh meningkat. Salah satu contohnya, yaitu tingginya kebutuhan masker saat ini membuat harga masker di berbagai tempat ikut melonjak. Alasan lainnya, yaitu karena naiknya biaya produksi barang dan jasa di bidang Kesehatan. Hal ini mendorong penyedia jasa Kesehatan menaikkan tarif layanannya guna meningkatkan upah pekerja medis ataupun membiayai pemeliharaan fasilitas Kesehatan. Meski demikian, Smart People tidak perlu terlalu khawatir. Kamu bisa menghadapi inflasi di bidang Kesehatan, salah satunya dengan memiliki asuransi Kesehatan. 

 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat. Dengan memiliki asuransi Kesehatan, maka biaya Kesehatanmu akan terjamin dan tidak perlu khawatir tergerus arus inflasi. Kamu dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh banyak keringanan. Namun apabila kamu ingin mendapatkan fasilitas Kesehatan yang lebih sesuai keinginan, seperti  kenyamanan dalam hal fleksibilitas waktu dan pilihan layanan, maka tidak ada salahnya kamu memiliki manfaat asuransi Kesehatan yang dikelola oleh pihak swasta. Kamu bisa memilih produk asuransi Kesehatan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

 

Dengan memiliki manfaat asuransi Kesehatan, akan membantumu terkait ketersediaan semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, hingga tindakan operasi. Artinya, bila sewaktu-waktu kamu jatuh sakit, maka asuransi Kesehatan yang akan  menanggung biaya kesehatanmu sesuai kesepakatan berdasarkan premi yang dibayarkan. Lantas, sebenarnya apa saja manfaat asuransi Kesehatan yang bisa kamu dapatkan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

 

Manfaat Rawat Inap

Inilah salah satu manfaat asuransi Kesehatan yang umumnya bisa kamu dapatkan ketika membeli produk asuransi Kesehatan. Manfaat rawat inap ini mencakup biaya rumah sakit, biaya melahirkan, biaya laboratorium, serta biaya gawat darurat.

 

Manfaat Tindakan Bedah

Manfaat asuransi Kesehatan yang satu ini  meliputi biaya pembedahan, pembiusan, biaya kamar operasi, serta obat-obatan yang digunakan saat pembedahan berlangsung. Besaran biaya bedah yang ditanggung sebuah asuransi Kesehatan umumnya bervariasi, tergantung ketentuan dalam polis.

 

Manfaat Kunjungan Dokter

Manfaat asuransi kesehatan lainnya, yaitu manfaat kunjungan dokter. Dalam hal ini asuransi Kesehatan akan memberimu jaminan perawatan dan kunjungan dokter umum atau dokter spesialis yang diberikan padamu saat mendapatkan perawatan di kamar rawat inap atau kamar perawatan intensif.

 

 

Manfaat Rawat Jalan

Selanjutnya, manfaat asuransi Kesehatan yang biasanya akan kamu dapatkan adalah manfaat rawat jalan. Sebagaimana Namanya, manfaat ini memberimu perlindungan terhadap biaya rawat jalan. Mulai dari biaya konsultasi dokter umum atau spesialis, menebus resep obat-obatan, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Pada umumnya, ada batas  penggunaan dana setiap tahunnya untuk memperoleh manfaat rawat jalan dari sebuah asuransi Kesehatan. Karena itu, sebaiknya kamu dapat memilah kebutuhan rawat jalan yang lebih utama untuk ditanggung oleh asuransi Kesehatan yang kamu gunakan.

 

Manfaat Nilai Tunai

Produk asuransi Kesehatan juga biasanya memiliki manfaat nilai tunai. Dengan manfaat ini, pihak perusahaan asuransi akan memberimu dana tunai bila sakit yang kamu  alami membuatmu harus dirawat di rumah sakit. Dana tunai tersebut dimaksudkan agar kamu mendapat penggantian biaya transport atau pendapatan yang hilang selama kamu dirawat di rumah sakit.

 

Nah, sekarang Smart People sudah tahu kan berbagai manfaat asuransi Kesehatan? Dengan mengetahui manfaat asuransi kesehatan, semoga Smart People lebih berani dalam menghadapi berbagai risiko kesehatan. Satu hal yang perlu diingat, untuk memiliki manfaat asuransi kesehatan tidak perlu menunggu hingga sakit, ya! Kamu bisa mulai membayar premi asuransi Kesehatan sejak jauh-jauh hari, sebagai sebuah langkah preventif di saat kamu sehat.

 

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

FB : @tuguinsurance

IG : @tuguinsurance

TW : @tuguinsurance

LinkedIn : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan