Manfaat Asuransi Yang Harus Kamu Ketahui

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 27 Mei 2021
Dibaca 1229 kali
Manfaat Asuransi Yang Harus Kamu Ketahui

Kamu pasti menyadari bahwa hidup itu memang tidak selamanya mulus. Dalam hidup, kamu seringkali dihadapkan oleh berbagai tantangan dan cobaan tanpa diberikan waktu persiapan menghadapinya. Dari berbagai upaya pencegahan yang dapat dilakukan, ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk setidaknya mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang akan terjadi di masa depan, yaitu memiliki perlindungan lebih dengan asuransi.

Asuransi memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu melindungi aset bisnis atau rencana jangka panjang yang kamu persiapkan. Misalnya, perlindungan bisnis dari bencana alam, kerugian material hingga hambatan pada pembangunan suatu proyek. Produk asuransi yang ada di pasaran pun sangat beragam. Tetapi, meskipun terdengar familiar, kamu pasti masih belum terlalu memahami apa itu asuransi. Yuk, kenali lebih dekat apa itu asuransi!

Pengertian asuransi umum

Meskipun terdengar familiar, banyak orang yang masih salah kaprah dengan asuransi umum. Kebanyakan orang berpikir bahwa asuransi umum adalah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Dalam pengertian asuransi dari OJK, “Asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi…” Asuransi umum atau general insurance tidak terbatas pada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, tetapi mencakup berbagai jenis lainnya. Produk-produk asuransi umum juga melindungi individu dari kerugian finansial khusus. Sebenarnya, produk asuransi apa saja yang masuk ke dalam asuransi umum?

Ragam manfaat asuransi umum

Smart people, asuransi umum dibedakan menjadi beberapa jenis. Biasanya, jenis-jenis asuransi yang dianggap sebagai asuransi umum adalah asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengangkutan barang, asuransi rekayasa dan asuransi aneka atau lain-lain

  • Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran adalah produk asuransi umum yang memberikan perlindungan terhadap risiko kebakaran. Asuransi ini dapat melindungi berbagai macam properti seperti tempat tinggalmu, ruko, kantor atau bahkan gudang dari risiko kebakaran yang disebabkan oleh api kecil maupun besar, baik disengaja maupun tidak.

  • Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk asuransi umum kedua adalah asuransi kendaraan bermotor, yang mencakup asuransi mobil dan asuransi kebakaran untuk kendaraanmu. Asuransi ini melindungi kendaraan bermotor apabila motor atau mobil milikmu rusak atau hilang. Jenis asuransi ini juga memiliki dua tipe; memberikan perlindungan atas kerusakan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, pencurian, kebakaran dan lain-lain, serta kerugian yang mencapai 75% dari harga kendaraanmu di pasaran.

  • Asuransi Rekayasa

Asuransi rekayasa juga menjadi bagian dari asuransi umum. Asuransi ini biasanya dimiliki untuk meminimalkan berbagai risiko yang berkaitan dengan kegiatan rekayasa (engineering), termasuk aktivitas teknik saat membangun sesuatu, atau pengoperasian alat-alat berat saat proses tersebut seperti traktor, ekskavator, wheeloader dan mesin-mesin lainnya.

  • Asuransi Pengangkutan

Selanjutnya, asuransi pengangkutan yang menawarkan pertanggungan atas risiko yang mungkin saja menimpa barang atau aset ketika dalam perjalanan. Asuransi ini sendiri dibedakan sesuai dengan moda pengangkutan barangnya, misalnya pengangkutan laut atau pengangkutan darat. Biasanya, asuransi ini dimiliki apabila kamu adalah seorang pebisnis yang memiliki barang, usaha ekspedisi, atau mengelola pelabuhan.

  • Asuransi Aneka

Terakhir, asuransi umum yang mungkin kamu miliki adalah asuransi lain-lain atau aneka. Jenis asuransi ini terbilang cukup luas, mulai dari asuransi produk, asuransi publik, asuransi pencurian, asuransi kecelakaan pribadi, hingga asuransi travel.

Apapun jenisnya, asuransi tentunya memiliki keuntungan dan manfaat jika kamu memilikinya. Jika kamu sedang mencari asuransi umum, coba kunjungi situs yang terpercaya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.tugu.com untuk mengetahui asuransi terbaik yang bisa kamu dapatkan!