5 Jenis Asuransi Umum di Indonesia yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 14 Januari 2022
Dibaca 3870 kali
5 Jenis Asuransi Umum di Indonesia yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Produk asuransi umum tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang mewah, melainkan telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia. Asuransi berperan penting dalam memberikan rasa aman – mulai dari perlindungan terhadap kerugian materi karena musibah, sakit, hingga risiko lainnya yang bisa terjadi dalam hidup.

Asuransi kesehatan dan jiwa merupakan dua jenis asuransi yang populer di tengah masyarakat. Namun, asuransi umum adalah salah satu dari macam asuransi yang juga penting dan bervariasi, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam.

Ingin tahu selengkapnya soal asuransi umum? Simak sampai habis ya!

Apa itu asuransi umum?

Bagi pemilik kendaraan, asuransi umum sering kali menjadi penyelamat dari risiko yang tak dingi. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi umum?

Asuransi umum atau general insurance adalah asuransi yang memberikan salah satu manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung, bila terjadi kerusakan atau kehilangan pada materi yang diasuransikan. 

Dengan adanya asuransi umum, Anda bisa terhindar dari kerugian atau mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau mengganti harta benda yang rusak atau hilang. Ini karena deductible asuransi adalah jumlah yang Anda bayarkan sebelum asuransi menanggung biaya yang lebih besar. Menarik, bukan?

Lalu, apa saja yang termasuk asuransi umum?

Jenis-jenis produk asuransi umum di Indonesia

Meskipun produk asuransi umum beragam, ada 5 jenis yang akan menjadi fokus pembahasan kali ini..

1. Asuransi kredit dan penjaminan

Asuransi kredit dan penjaminan sebenarnya adalah dua model asuransi yang berbeda. Akan tetapi kegunaannya serupa – yakni sama-sama melindungi atau menjamin tertanggung bila terjadi kesulitan menyelesaikan kewajiban tertentu.

Dalam kasus asuransi kredit mobil atau asuransi kredit motor, yang dilindungi dan dijamin adalah debitur yang tidak dapat melanjutkan pembayaran kepada bank atau kreditur. Namun, perlindungan ini tidak berlaku untuk semua – hanya mereka yang mengalami keadaan tertentu seperti meninggal dunia karena kecelakaan, sakit, atau cacat tetap karena kecelakaan yang dijamin oleh asuransi.

Sedangkan untuk asuransi penjaminan, yang dilindungi dan dijamin adalah kepentingan pihak obligee (pemilik proyek), yang mana bila principal (kontraktor) gagal melaksanakan kewajibannya sesuai yang perjanjian, maka surety (perusahaan asuransi) akan bertanggung jawab terhadap obligee untuk menyelesaikan kewajiban principal tadi.

2. Asuransi penerbangan

Asuransi kecelakaan pesawat dan asuransi perjalanan sering ditawarkan sebagai pertanggungan tambahan saat Anda memesan tiket pesawat, baik langsung dari maskapai atau melalui situs pihak ketiga. Asuransi ini menjamin perlindungan untuk kejadian tak terduga yang mungkin bisa terjadi pada perjalanan udara Anda.

Selain itu, asuransi pengangkutan udara mencakup penundaan penerbangan, pembatalan atau gangguan perjalanan, serta bagasi yang hilang, rusak, atau dicuri. Model asuransi ini juga melindungi Anda jika Anda tidak dapat ikut penerbangan karena alasan medis yang terdokumentasi pada tanggal perjalanan Anda.

Selain menjamin penumpang, asuransi pengangkutan juga tersedia untuk perusahaan maskapai. Fungsinya adalah untuk mengurangi risiko besarnya biaya ganti rugi ke penumpang ketika terjadi kecelakaan, barang yang hilang dan lain sebagainya. Pihak maskapai juga bisa menikmati jaminan perbaikan rangka pesawat lewat asuransi tersebut.

3. Asuransi kapal

Asuransi kapal, yang juga dikenal sebagai asuransi kelautan, adalah asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian pada kapal akibat cuaca buruk, tabrakan, kandas, terdampar, tenggelam, serta menjamin risiko kebakaran, ledakan, pembajakan.piracy), pembuangan barang ke laut (jettison), tabrakan, kelalaian nakhoda (crew), dan bahaya-bahaya di laut lainnya.

Selain menjamin kapal, asuransi tanggung jawab juga menjamin tanggung jawab kepada pihak ketiga akibat tabrakan kapal (collision liability) dan menjamin juga kontribusi kerugian umum (general average).

4. Asuransi kebakaran

Sesuai namanya, asuransi kebakaran merupakan pertanggungan yang memberikan perlindungan terhadap harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan dari risiko kebakaran. Perlindungan ini biasanya meluas ke kerusakan akibat petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

Asuransi kebakaran juga dapat diperluas dengan jaminan atas risiko lainnya, termasuk asuransi bencana alam – seperti terhadap kerusuhan, pemogokan, kerusakan akibat perbuatan jahat, huru hara, banjir, angin topan, badai dan kerusakan karena air, tanah longsor, kebongkaran, serta kehilangan keuntungan (business interruption).

Adapun asuransi untuk harta benda seperti properti, aset kantor, harta benda, mesin, kilang minyak dan fasilitasnya, yang biasanya dilakukan lewat asuransi harta benda dan asuransi properti.

5. Asuransi kendaraan

Asuransi mobil ini adalah contoh populer dari asuransi umum yang menyediakan perlindungan berupa ganti rugi untuk kendaraan bermotor, baik itu kendaraan roda dua seperti motor, mobil, dan jenis kendaraan bermotor lainnya. Asuransi ini menjamin mereka terhadap kerusakan atau kehilangan yang terjadi di luar kendali pemiliknya.

Terdapat 2 jenis polis asuransi yang umumnya ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi untuk melindungi kendaraan Anda, di antaranya:

  • All Risk/Comprehensive: Jenis asuransi ini bisa memberikan perlindungan atas kerugian dan/atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan pengangkutan dengan kapal penyeberangan.
  • Total loss only (TLO): Serupa dengan all risk, namun bedanya manfaat asuransi ini hanya keluar jika kerugian atau kerusakan kendaraan sudah mencapai 75% dari harga pasar kendaraan yang menjadi tanggungan.

Nah, setelah memahami apa itu asuransi umum dan berbagai jenisnya, Anda mungkin bertanya-tanya, ‘jelaskan manfaat asuransi untuk kebutuhan saya’. Bila Anda telah memutuskan jenis asuransi yang dibutuhkan, saatnya memilih lembaga asuransi yang tepat untuk Anda.

Proteksikan dengan Tugu Insurance

Sebagai referensi, Anda bisa berkenalan dengan produk asuransi umum dari Tugu Insurance. Perusahaan asuransi satu ini menyediakan semua jenis asuransi di atas. Anak usaha dari PT Pertamina (Persero) ini sudah berdiri sejak 1981 dan menyediakan semua jenis asuransi di atas dengan kredibilitas yang tak perlu diragukan lagi.

Tugu Insurance juga sudah menjadi perusahaan publik/terbuka (Tbk) sejak tahun 2018, selain itu sudah banyak pencapaian yang diraih oleh Tugu Insurance.

Salah satu lembaga asuransi yang membanggakan adalah Tugu Insurance, yang berhasil mempertahankan predikat bertaraf global dengan Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating of “a-” (Excellent) dari A.M. Best 6 tahun berturut-turut sebagai cerminan atas posisi keuangan yang sangat kuat (stable outlook), didukung oleh operasional bisnis yang sehat dan manajemen risiko yang memadai.

Itulah beberapa contoh asuransi umum yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Segera temukan berbagai informasi menarik seputar asuransi di Instagram Tugu Insurance!