Berikut Jenis-jenis Asuransi Umum yang Jarang Diketahui!

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 10 Juni 2022
Dibaca 7493 kali
Berikut Jenis-jenis Asuransi Umum yang Jarang Diketahui!

Kamu pasti sudah tak asing lagi mendengar kata asuransi. General insurance yang biasanya diketahui oleh masyarakat adalah asuransi kesehatan, pendidikan, hari tua, dan kecelakaan. Namun, tahukah kamu kalau ada jenis asuransi umum lainnya yang jarang diketahui?

 

General insurance yang belum banyak dikenal masyarakat adalah asuransi kredit dan penjaminan. Seperti apakah yang dimaksud dengan asuransi kredit dan penjaminan? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Apa itu Asuransi Kredit dan Penjaminan?

Asuransi kredit adalah asuransi yang memberi pertanggungan kepada para kreditur atas risiko kerugian karena kredit yang macet. Artinya, pihak asuransi akan memberi proteksi kepada lembaga keuangan jika debitur gagal melunasi pinjaman.

 

Hal ini tak jauh berbeda dari pengertian asuransi penjaminan. Namun, secara lebih luas, asuransi penjaminan akan memberi proteksi pada risiko akibat kegagalan atau wanprestasi (cedera janji) melaksanakan kontrak sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Untuk Siapa Asuransi Kredit dan Penjaminan Ditujukan?

Asuransi kredit ditujukan bagi bank atau lembaga keuangan yang memiliki kapabilitas untuk memberikan kredit pada perorangan atau perusahaan. Sedangkan, asuransi penjaminan ditujukan bagi pihak pemilik proyek, atau disebut juga sebagai Obligee, yang memiliki hubungan kontrak dengan kontraktor atau Principal

 

Dalam memberikan kredit atau menjalankan suatu perjanjian kontrak, bisa saja salah satu pihak lalai memenuhi kewajibannya. Misalnya, kamu mengajukan kredit pada bank X, lalu kamu tak mampu melunasi utang tersebut. Maka, di sinilah peran asuransi kredit bisa dimanfaatkan.

 

Lembaga keuangan dan pihak Obligee dapat terlindungi dari kegagalan perjanjian dengan asuransi kredit dan penjaminan Tugu Insurance. Perlindungan ini memberi jaminan agar pihak Tertanggung tidak semakin dirugikan atas biaya yang timbul akibat kegagalan pemenuhan perjanjian tersebut.

4 Jenis Asuransi Kredit dan Penjaminan dari Tugu Insurance

Tugu Insurance menawarkan empat jenis asuransi kredit dan penjaminan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Asuransi umum tersebut mencakup:

1. Kredit

Asuransi kredit di Tugu Insurance terdiri dari dua pilihan, salah satunya asuransi kredit pembiayaan. Tugu Insurance akan memberi proteksi kepada Tertanggung sesuai dengan ketentuan polis. Perlindungan diberikan atas dasar risiko kegagalan Tertanggung sebagai pihak debitur. Opsi kedua adalah asuransi kredit perdagangan. Asuransi ini ditujukan untuk pengusaha agar bisnis yang dijalankan tetap lancar. 

2. Suretyship

Asuransi ini ditujukan sebagai perjanjian tertulis antara Surety (asuransi) dan Principal untuk memberi jaminan kepada pihak Obligee. Perjanjian tersebut akan menjamin bahwa pihak Principal akan memenuhi kewajiban sesuai dengan kontrak yang dibuat bersama Obligee. Tugu Insurance sendiri memiliki beberapa produk asuransi suretyship, yakni:

 

  • Asuransi jaminan tender, ditujukan sebagai jaminan kepada Obligee apabila terjadi pengunduran diri dari pihak Principal atau menolak menandatangani kontrak dengan pihak Obligee setelah memenangkan proyek.
  • Asuransi jaminan pelaksanaan, diberikan pada Principal untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai standar dan waktu kesepakatan dalam kontrak kerja.
  • Asuransi uang muka, berupa jaminan pengembalian uang muka yang diterima pihak Principal.
  • Asuransi jaminan pemeliharaan, jaminan atas kewajiban Principal yang diberikan kepada Obligee selama pemeliharaan. 

3. Kontra Garansi Bank

Produk ini berupa bukti penjaminan dari Surety atas Bank Garansi yang diterbitkan oleh Bank Umum untuk kepentingan Principal sesuai ketentuan dari Obligee. Untuk produk ini, pihak Surety terikat kesepakatan untuk membayar ganti rugi kepada bank atas klaim yang diajukan oleh Obligee. Jenis produk kontra garansi bank yang disediakan oleh Tugu Insurance adalah Jaminan Tender, Jaminan Pelaksanaan, Jaminan Uang Muka, dan Jaminan Pemeliharaan.

4. Payment Bond

Produk asuransi yang terakhir ini akan menjamin pihak Surety membayar setinggi-tingginya kepada pihak Obligee sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dalam sertifikat jaminan. Hal ini terjadi bila Principal gagal membayar berdasarkan syarat pembayaran yang tertulis dalam kontrak antara pihak mereka dan Obligee.

 

Produk yang ditawarkan oleh Tugu Insurance ini memiliki jangka waktu yang dapat disesuaikan dengan periode berlangsungnya kontrak. Selain itu, produk Payment Bond juga diterbitkan dalam nilai valuta asing, yakni Dolar Amerika. Produk ini cocok bagi perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan, pengerjaan proyek, dan penyedia jasa.

 

Itulah penjelasan mengenai salah satu asuransi umum yang jarang diketahui, yakni asuransi kredit dan penjaminan Tugu Insurance. Lindungi proyekmu dengan produk asuransi dari Tugu Insurance. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk asuransi Tugu Insurance lainnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Tugu dan Instagram @tuguinsurance.