Inilah 3 Manfaat Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 01 Juli 2021
Dibaca 35358 kali
Inilah 3 Manfaat Asuransi Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

Pengguna mobil di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat. Namun, banyak hal tidak terduga yang dapat terjadi dengan mobil, seperti mogok, kerusakan, dan hal lainnya. Biaya kerusakan dan perawatan pun tidak sedikit kalau harus keluar dari kantong sendiri. Karenanya, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil yang hadir untuk memberikan proteksi lebih. Yuk, simak lebih lanjut kenapa kamu perlu punya asuransi mobil!

Manfaat asuransi mobil

Sama seperti produk asuransi lain, asuransi mobil juga memberikan manfaat perlindungan atas berbagai risiko yang bisa menimpa mobil kamu. Berikut manfaat-manfaat tersebut:

1. Memberikan rasa aman

Sebagai pemilik mobil, kamu tidak perlu khawatir saat harus berkendara sepanjang hari, bahkan hingga ke luar kota, jika mempunyai asuransi mobil. Rasa aman yang diberikan asuransi mobil bukan berarti kamu tidak perlu berhati-hati, melainkan membuatmu lebih tenang karena punya perlindungan yang akan membantumu kapan saja jika terjadi masalah pada mobil. 

2. Membantu perencanaan keuangan

Jika tidak punya asuransi mobil, kamu kemungkinan harus mengeluarkan biaya besar yang menguras uang tabungan jika mobil mengalami kerusakan. Dengan asuransi, perencanaan keuanganmu tidak akan terganggu karena biaya perbaikan kerusakan mobil akan ditanggung oleh pihak asuransi. Asuransi mobil bisa kamu andalkan untuk menutupi biaya tinggi perbaikan mobil.

3. Jaminan perlindungan

Dengan manfaat jaminan perlindungan, kamu tidak akan mengalami kerugian berlebihan jika terjadi kecelakaan atau pencurian mobil. Misalnya, apabila mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah, asuransi mobil bisa digunakan untuk meringankan biaya perbaikan. Kamu bisa merasakan manfaat jaminan perlindungan secara langsung maupun di kemudian hari.

 

Manfaat, Tips dan Jenis asuransi mobil

 

Apa itu asuransi mobil dan jenis-jenisnya?

Asuransi mobil adalah produk perlindungan yang dapat menjamin kerugian atas kerusakan hingga hilangnya kendaraan. Secara umum, ada dua jenis asuransi mobil, yaitu:

1. Total Loss

Jenis asuransi mobil ini menawarkan jaminan mobil secara keseluruhan yang hanya berlaku jika terjadi kehilangan total. Total Loss bisa menjamin kerusakan mobil hingga 75%, mobil yang dicuri, atau mobil yang tidak bisa diperbaiki sama sekali setelah mengalami kecelakaan. Hampir mirip dengan asuransi jenis All Risk, bedanya Total Loss menawarkan biaya yang lebih terjangkau. 

2. All Risk

All Risk adalah jenis asuransi yang akan menjamin semua risiko paling buruk yang mungkin terjadi pada kendaraan. Kamu yang membeli mobil keluaran terbaru disarankan untuk memilih asuransi ini karena jaminan yang diberikan sangat lengkap. Asuransi jenis All Risk menanggung kerusakan ringan sampai berat, bahkan hilangnya kendaraan. Meskipun premi All Risk paling tinggi di antara semua jenis asuransi, manfaat asuransi mobil satu ini sangat lengkap sehingga tidak bikin rugi. 

Tips memilih asuransi mobil yang tepat

Agar bisa mendapatkan produk asuransi mobil yang benar-benar sesuai kebutuhan, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  • Pilih tipe perlindungan yang sesuai

Untuk mendapatkan jenis asuransi mobil yang tepat, pastikan kamu memilih tipe perlindungan yang sesuai. Misalnya, jika kamu sering menyetir mobil di jalanan rusak atau kawasan padat, maka asuransi All Risk layak dipertimbangkan karena mampu mengantisipasi risiko tinggi terkena baret. Sedangkan untuk mobil yang digunakan di area rawan pencurian, kamu bisa memilih asuransi Total Loss.

  • Memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas

Asuransi mobil umumnya bekerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari brand mobil yang kamu miliki. Karenanya, penting untuk memilih asuransi mobil yang memiliki jaringan bengkel rekanan luas karena hanya sedikit brand asuransi yang mengizinkan penggunanya melakukan perbaikan ke bengkel mana saja. Tips ini harus dipertimbangkan untuk mengantisipasi rusaknya mobil di daerah yang kurang dikenal.

  • Kenali reputasi perusahaan

Mengenali reputasi perusahaan juga tak kalah penting untuk memastikan bahwa kamu nantinya akan mendapatkan pelayanan yang terpercaya dan memuaskan. Pilihlah asuransi mobil yang kredibel, bukan hanya karena brand-nya terkenal. Caranya bisa dengan melihat berbagai review produk asuransi mobil di internet atau informasi pada forum-forum terkait. 

  • Memberikan akses pelayanan yang lengkap

Terakhir, kamu juga sebaiknya memilih asuransi mobil yang memberikan akses pelayanan lengkap. Carilah perusahaan asuransi yang memberikan akses pelayanan mudah dihubungi untuk mengantisipasi keadaan darurat. Layanan call center 24 jam sangat penting untuk dipertimbangkan, begitu pun dengan kelengkapan dan kecepatan layanan yang ditawarkan.

 

asuransi mobil

 

Tidak perlu bingung memilih asuransi mobil yang tepat. Yuk, asuransikan mobil kamu dengan
t drive dari Tugu Insurance! Tak perlu khawatir, t drive akan melindungi mobil kamu secara menyeluruh. Kamu bahkan juga bisa menambah manfaat dengan berbagai macam perluasan yang tersedia! Kamu dapat ajukan klaim dengan mudah lewat berbagai channel, seperti aplikasi t drive, online, call TIA, dan kantor cabang. Lihat informasi selengkapnya di sini!