Memahami arti dan 5 fungsi satelit untuk kehidupan sehari-hari!

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 08 Juli 2022
Dibaca 48994 kali
Memahami arti dan 5 fungsi satelit untuk kehidupan sehari-hari!

Halo Smart People, tahukah kamu jika pada tanggal 9 Juli nanti Indonesia memperingati hari bersejarah, yaitu hari peluncuran satelit pertama Indonesia dan dinamai Hari Satelit Palapa. Satelit Palapa merupakan suatu peristiwa nasional yang mempunyai arti besar bagi Indonesia.  Jadi apa itu fungsi satelit bagi Indonesia?

 

Kisah mengorbitnya Satelit Palapa dengan roket peluncur Delta 2914 kala itu memang tidak seramai peristiwa mendaratnya Neil Amstrong di bulan pada 20 Juli 1969. Namun, pada era 1970-an, tidak semua negara memiliki satelit yang dapat diorbitkan. Oleh karena itu, keberhasilan Satelit Palapa A1 membuat Indonesia dapat berbangga di hadapan negara-negara Asia lain. Kini, tanggal bersejarah itu diabadikan menjadi Hari Satelit Palapa, hari di mana Indonesia untuk pertama kalinya memiliki satelit sendiri. Seiring dengan berkembangnya teknologi, satelit Palapa pun mengalami regenerasi dan hingga kini sudah ada 9 satelit yang dimiliki.

 

Nama “Palapa” sendiri diambil dari ikrar legendaris yang pernah diucapkan Mahapatih Kerajaan Majapahit, Gajah Mada, yakni Sumpah Amukti Palapa. Gajah Mada bersumpah tidak akan mengecap kenikmatan duniawi sebelum menyatukan Nusantara di bawah naungan Majapahit.

 

Untuk ikut merayakan Hari Satelit Palapa Indonesia, pahami arti dari satelit itu sendiri ya Smart People. Menurut penjelasan Diktat yang dipublikasikan dalam uny.ac.id, satelit berasal dari Bahasa Latin “satelles” yang artinya pelayan. Sedangkan secara istilah satelit adalah benda yang mengelilingi planet dan benda lainnya. Satelit yang berada di luar angkasa harus tetap berada di tempat edarnya yang mengelilingi bumi. Tempat tersebut dikenal juga dengan sebutan orbit.

 

Satelit juga dibagi menjadi dua, yaitu satelit alami dan buatan. Satelit alami adalah benda langit di ruang angkasa yang mengorbit di sekitar benda yang lebih besar. Bulan disebut satelit alami karena mengorbit planet. Sementara itu, satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan ke orbit dengan menggunakan roket dan Ada ribuan satelit buatan yang mengorbit Bumi.

 

Melalui poin-poin yang telah dijelaskan, berikut beberapa fungsi penting dari satelit yang harus kamu ketahui Smart People!

 

  1. Sebagai Sistem Komunikasi

 

Satelit memiliki fungsi untuk meneruskan sinyal komunikasi telepon serta sinyal tayangan televisi di seluruh dunia. Sebelum adanya satelit, sinyal televisi dan komunikasi hanya bisa diteruskan lurus, bahkan tidak bisa melewati gedung-gedung tinggi. Namun, sejak ada satelit, menonton televisi dari belahan Bumi yang lain dan berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh sekalipun menjadi mungkin.

 

  1. Membantu Pemantauan Cuaca

 

Satelit juga digunakan untuk melacak perubahan keadaan atmosfer yang menentukan cuaca. Satelit buatan untuk bidang cuaca akan akan berevolusi mengitari bumi dengan membawa sejumlah instrumen. Instrumen tersebut berfungsi untuk mengumpulkan informasi mengenai suhu, tekanan di bumi, dan lainnya.

 

  1. Memantau Lingkungan

 

Satelit juga berguna untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan, Smart People! Satelit dapat melakukan pencitraan bagaimana kondisi lingkungan dan alam di Bumi. Dapat dikatakan juga sebagai alat mengobservasi bumi, memeriksa planet untuk perubahan dalam segala hal mulai dari suhu hingga penghijauan hingga cakupan lapisan es.

 

  1. Alat Mengetahui Luar Angkasa

 

Satelit untuk mengetahui situasi luar angkasa, disebut juga satelit ilmiah. Satelit ilmiah dapat dipahami dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang dapat melakukan segala macam misi ilmiah. Mereka melihat segala sesuatu mulai dari bintik matahari hingga sinar gamma. Satelit juga berfungsi sebagai sebagai alat yang digunakan untuk meneliti benda yang ada di alam, entah itu benda bumi atau benda luar angkasa.

 

  1. Sebagai Alat Mencari Sinyal

 

Satelit juga berfungsi sebagai navigasi untuk menjadi sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah sehingga dapat menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi. Bila pandangan antara satelit dan penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi di suatu tempat dengan ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. Satelit ini berfungsi sebagai alat penolong apabila kapal-kapal menemui kesukaran untuk menentukan posisinya karena cuaca yang buruk atau kesukaran penglihatan (dalam daerah yang berkabut tebal).

 

Tidak banyak yang mengetahui cara kerja satelit hampir sama dengan kendaraan pada umumnya, karena satelit juga memiliki dua bagian utama yakni kendaraan umum itu sendiri dan muatan khusus untuk melakukan tugasnya yang unik. Satelit memiliki manfaat yang sangat banyak di berbagai bidang untuk kehidupan manusia di muka bumi. Oleh karena itu, satelit menjadi perangkat komunikasi bernilai besar dengan tingkat risiko sangat tinggi.

 

Meminimalisir hal tersebut, Tugu Insurance hadir memberikan proteksi Satellite Launch and In-Orbit Insurance yang bertujuan untuk melindungi aset Satelit perusahaanmu akibat kerugian operasional maupun saat peluncuran.

 

Objek yang bisa dipertanggungkan, yaitu kerugian total atau constructive total loss dan kerugian sebagian sebagai akibat dari kehilangan, kerusakan, atau kegagalan satelit yang terjadi selama periode pertanggungan.

 

Yuk, Smart People ciptakan teknologi untuk kehidupan sekitar yang lebih maju dan lebih baik. Baca selengkapnya pada web Tugu Insurance di www.tugu.com.

 

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

 

Facebook        : @tuguinsurance

Instagram        : @tuguinsurance

Twitter             : @tuguinsurance

Tiktok              : @tuguinsurance

LinkedIn           : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

 

Sumber :

Referensi 1

Referensi 2

Referensi 3