Jangan Abai, Begini Ciri-ciri Busi Motor Rusak dan Dampaknya

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 01 Februari 2023
Dibaca 4822 kali
Jangan Abai, Begini Ciri-ciri Busi Motor Rusak dan Dampaknya

Pada sepeda motor, salah satu komponen yang berperan penting untuk menghidupkan motor tersebut adalah busi. Meskipun berukuran kecil, kerusakan komponen yang satu ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab motormu tidak dapat menyala.

Sayangnya, masih banyak pengendara motor yang mengabaikan perawatan busi motor mereka. Akibatnya, busi motor mengalami kerusakan, bahkan merambat pada kerusakan komponen motor lainnya. Memang, sebenarnya apa itu busi motor dan kenapa bisa sepenting itu?

Apa Itu Busi Motor dan Apa Saja Fungsinya? 

Pada mesin motor, busi berfungsi sebagai pembuat percikan api yang nantinya membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar motor. Percikan ini sendiri didapatkan dari tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil. Nantinya, hasil pembakaran udara dan bahan bakar inilah yang digunakan sebagai tenaga untuk menggerakkan sepeda motor.

Jika busi sudah lama tidak dirawat, ada beberapa kerusakan yang mungkin bisa terjadi. Awalnya, Anda akan merasakan performa kendaraan yang menurun. Hal ini dikarenakan busi tidak stabil sehingga menyebabkan proses pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna. 

Kalau sudah begitu, kerusakan tersebut berpotensi menjalar pada kerusakan komponen lain. Mulai dari tutup busi, koil, hingga baterai motor, semuanya bisa terpengaruh. Hal itu karena adanya kenaikan kebutuhan transfer listrik yang membuat komponen lainnya bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan busi tersebut. Bahkan, ada juga potensi kerusakan kelistrikan motor secara permanen yang tentunya membutuhkan biaya besar untuk servisnya.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan busi secara berkala serta penggantian busi setiap sekitar 6000 km perjalanan. Karena angka tersebut hanyalah perkiraan saja, penting bagi para pengendara untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri busi motor rusak. Anda bisa segera membawanya ke tempat servis terdekat dan berkonsultasi dengan pihak yang lebih ahli.

4 Ciri-ciri Busi Motor Rusak

Mendeteksi secara dini kerusakan busi motor sebelum menjalar ke komponen lain adalah hal yang wajib Anda pelajari. Dengan begitu, biaya servis motor yang perlu Anda bayarkan tidak akan melonjak tinggi. Berikut kami telah merangkum beberapa ciri yang bisa menjadi pertanda bahwa busi motormu mengalami kendala.

  1. Bensin menjadi boros

Jika Anda merasa jadi lebih sering mengisi bensin motor pada saat penggunaan normal, bisa jadi salah satu alasannya adalah karena busi motormu mengalami kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah percikan api yang muncul tidak sebesar biasanya.

Hal itu bisa terjadi karena adanya endapan kotoran pada ujung insulator busi. Percikan api yang kecil tersebut menyebabkan bahan bakar tidak dapat dibakar dengan sempurna, sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros daripada biasanya.

  1. Motor sulit dinyalakan

Ciri-ciri kedua busi motor perlu dibersihkan atau diganti adalah sulitnya untuk menyalakan motor, baik dengan menggunakan electric starter maupun kickstarter. Umumnya, alasan hal tersebut bisa terjadi adalah karena percikan api yang dihasilkan busi tidak cukup besar untuk memicu pembakaran bahan bakar pada mesin. Jika sudah begitu, segera periksakan motor ke tempat servis terdekat untuk menghindari peristiwa mogok di tengah jalan.

  1. Suara mesin terdengar kasar

Saat mesin motor menyala, perhatikan suara yang dihasilkan. Jika suara terdengar tidak halus dan muncul getaran yang tidak biasa, maka salah satu kemungkinan penyebabnya adalah busi motor yang rusak. Alasannya, busi yang rusak bisa berpengaruh terhadap fungsi silinder motor. Kejadian ini sering disebut sebagai mesin pincang dan harus segera dibawa ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan lanjutan.

  1. Akselerasi tidak maksimal

Terakhir, Anda bisa memperhatikan akselerasi kendaraan saat sedang menarik tuas gas motor. Jika akselerasi terasa berat, atau bahkan tersendat-sendat, maka bisa dipastikan ada masalah pada mesin motor Anda. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah adanya misfire pada ruang bakar yang menyebabkan mesin berhenti sejenak, kemudian kembali berfungsi seperti biasa.

 

Jadi, begitulah ciri-ciri busi motor yang mengalami kerusakan. Meskipun kecil, ternyata fungsi busi motor ini sangat penting, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perlindungan terbaik kepada motormu dengan melakukan perawatan secara berkala, termasuk dengan merawat kinerja busi di bengkel terdekat.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan proteksi pada motormu dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan produk asuransi motor dari Tugu Insurance, t ride. Produk ini menawarkan asuransi motor yang preminya tidak membuat kantong bolong, serta proses klaim asuransi yang mudah dan cepat. Kalau penasaran dengan asuransi ini atau produk asuransi lainnya oleh Tugu Insurance, silahkan kunjungi website Tugu Insurance dan follow Instagram @tuguinsurance!