Inilah Manfaat Asuransi Perjalanan Bagi Karyawan yang Melakukan Perjalanan Dinas

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 10 Juni 2022
Dibaca 32179 kali
Inilah Manfaat Asuransi Perjalanan Bagi Karyawan yang Melakukan Perjalanan Dinas

Bagi para pekerja, mendengar istilah perjalanan dinas pasti sudah tak asing lagi. Perjalanan dinas dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan ataupun negara (bila dilakukan oleh pegawai negeri). Tentunya dalam melakukan perjalanan dinas, ada hal-hal krusial yang perlu dipersiapkan selain memfokuskan diri pada  pekerjaan. 

 

Satu hal yang tak boleh terlewat oleh perusahaan adalah menyiapkan asuransi perjalanan. Tujuannya untuk memberikan proteksi tambahan bagi karyawan. Apalagi, mereka melakukan perjalanan tersebut demi perusahaan. Maka, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menyediakan asuransi tersebut.

 

Apa yang Harus Disiapkan Perusahaan Ketika Karyawannya Melakukan Perjalanan Dinas?

Sebelum melakukan perjalanan dinas, ada hal-hal yang harus disiapkan perusahaan. Apa saja? Berikut ulasannya!

 

1. Rincian Perjalanan Dinas

Karyawan memiliki hak untuk mengetahui secara detail mengenai perjalanan dinas yang akan ia lakukan. Untuk itu, perusahaan harus mengomunikasikan dan mensosialisasikan rencana perjalanan mereka.

 

Agar dapat memaksimalkan manajemen waktu, karyawan harus mengetahui lokasi yang dituju, tanggal keberangkatan, dan waktu yang akan dihabiskan di tempat tersebut. Selain itu, para pekerja yang melakukan perjalanan dinas juga harus menyiapkan materi kerja yang diperlukan. Dengan mengetahui rincian perjalanan dinas, pekerjaan karyawan akan lebih jelas.

 

2. Dokumen Pelengkap

Perjalanan dinas bisa dilakukan di di dalam maupun luar negeri. Untuk itu, perusahaan juga harus memikirkan kesiapan dokumen pelengkap yang dibutuhkan. Misalnya surat tugas, paspor, dan visa bila melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Tidak ketinggalan surat kesehatan seperti sertifikat vaksin COVID-19 atau hasil tes antigen karena saat ini kita masih dalam suasana Pandemi COVID-19.

 

3. Akomodasi

Hal penting lainnya yang harus disiapkan ketika melakukan perjalan dinas adalah menyiapkan akomodasi, apalagi jika Smart People melakukan perjalanan ke luar negeri. Mencari tahu mengenai kebijakan wilayah atau negara yang akan didatangi sangat diperlukan. Selain mencari detail mengenai tempat tinggal, pahami juga alat transportasi yang akan Smart People gunakan selama melakukan perjalanan.

 

4. Asuransi Perjalanan

Untuk menunjang keamanan serta kenyamanan dalam melakukan perjalanan dinas, ada baiknya perusahaan menyediakan asuransi perjalanan bagi para karyawannya. Asuransi perjalanan akan memberikan rasa aman bagi karyawan yang melakukan dinas. Jika karyawan mengalami risiko terkait kesehatan dan keselamatan selama perjalanan, maka ada asuransi yang akan memberikan perlindungan.

 

Keuntungan Asuransi Perjalanan bagi Karyawan yang Sedang Melakukan Perjalanan Dinas

Memiliki asuransi perjalanan saat melakukan dinas tak hanya untuk memproteksi karyawan ketika mengalami kecelakaan. Apa saja manfaat lain dari asuransi perjalanan yang bisa Smart People dapatkan?

 

1. Biaya pengobatan & layanan darurat

Meski tidak diinginkan, kita harus menyadari adanya risiko keselamatan saat melakukan perjalanan, apalagi kini masih dalam suasana pandemi. Bayangkan jika Smart People melakukan perjalanan ke suatu daerah dan terserang penyakit atau tiba-tiba terjadi kecelakaan. Tanpa adanya asuransi, Smart People akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk pengobatan. 

 

2. Biaya pembatalan atau pengurangan perjalanan

Di masa pandemi ini, pembatalan atau pengurangan keberangkatan transportasi umum sering kali terjadi. Akibatnya, perjalanan dinas menjadi terhambat. Meskipun biasanya akan mendapatkan refund, namun dengan asuransi perjalanan, Smart People juga akan mendapatkan kompensasi. Contoh kompensasi yang bisa Smart People dapatkan adalah layanan menginap di hotel. 

 

3. Manfaat atas kehilangan dan penundaan

Bila terjadi penundaan atas transportasi umum yang digunakan, Smart People juga bisa mendapatkan kompensasi berupa biaya transportasi alternatif. Hal ini akan sangat menguntungkan jika Smart People harus menghadiri acara yang sangat penting.

 

4. Manfaat untuk barang bawaan

Apakah Smart People pernah mengalami bagasi rusak atau bahkan hilang? Dengan menggunakan asuransi perjalanan, barang bawaanmu akan lebih aman, apalagi jika barang tersebut berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi ketika bagasimu mengalami kerusakan.

 

5. Manfaat asuransi kecelakaan diri

Manfaat asuransi perjalanan yang paling utama adalah untuk memberikan pertanggungan jika mengalami kecelakaan. Tak hanya memberikan kemudahan untuk mendapatkan layanan darurat atau medis, tapi asuransi juga akan memberikan pesangon bagi keluarga jika kecelakaan tersebut merenggut nyawa.

 

Kenalan dengan t-travella, Asuransi Perjalanan dari Tugu Insurance

Salah satu asuransi perjalanan terbaik yang akan memberikan seluruh manfaat yang sudah disebutkan di atas adalah t-travella dari Tugu Insurance. Asuransi perjalanan ini sangat cocok bagi perusahaan yang kerap menugaskan karyawan untuk melakukan perjalanan dinas.

 

Dengan menggunakan proteksi Travel Insurance t-travella, Smart People dapat melakukan perjalanan dinas dengan nyaman dan aman. Smart People tak perlu khawatir karena Tugu Insurance adalah perusahaan asuransi tepercaya dengan pengalaman selama 36 tahun! 

 

Kini, Smart People sudah memahami betapa pentingnya manfaat asuransi perjalanan bagi karyawan yang kerap melakukan perjalanan dinas. Adanya asuransi seperti t-travella dari Tugu Insurance dapat membuat perjalanan dinasmu menjadi lebih tenang. Untuk informasi seputar t-travella maupun asuransi lain dari Tugu Insurance bisa dilihat melalui website Tugu dan Instagram @tuguinsurance!