5 langkah yang membuat kamu lebih Fokus dalam bekerja!

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 14 Juli 2022
Dibaca 7074 kali
5 langkah yang membuat kamu lebih Fokus dalam bekerja!

Halo, Smart People! Taukah kamu kalo ada banyak cara fokus selama kamu bekerja?. Menurut penelitian, pekerja kantoran rata-rata mengalami interupsi setiap 11 menit selama bekerja. Sementara itu, diperlukan waktu sekitar 25 menit hingga otak benar-benar fokus kembali.

 

Secara khusus fokus sangat diperlukan agar memudahkan kita berkonsentrasi sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hal tersebut menandakan, konsentrasi dan fokus adalah salah satu kunci untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. Oleh karena itu, tanpa keduanya perhatianmu akan teralihkan pada hal lain dan ketelitianmu terhadap hasil pekerjaan justru berkurang.

 

Smart people, seorang karyawan dalam mengerjakan berbagai tugas dan tanggung jawabnya perlu konsentrasi penuh agar kamu memperoleh hasil maksimal. Ketika ingin menyelesaikan pekerjaan, terkadang sering menemui banyak gangguan. Distraksi ini yang menyebabkan pekerjaan jadi tidak rampung tepat waktu, tertunda, atau bahkan malah berantakan. Bekerja dengan konsentrasi penuh ini dinamakan deep work.

 

Fokus dan konsentrasi dalam hal apapun akan mendorong kemampuan kognisi atau berpikir, sehingga dapat memberi hasil yang memuaskan. Misalnya selain tugas selesai sesuai deadline, kamu juga mampu membuahkan ide, gagasan maupun inovasi baru terkait pekerjaan. Ini sangat baik bagi perkembangan karirmu, seperti jabatan dan gaji naik, mendapat bonus, atau apresiasi lain dari perusahaan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk meningkatkan fokus dan konsentrasimu selama bekerja.

 

1. Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

 

Smart People, dalam bekerja kamu perlu memberikan jeda untuk beristirahat. Hal ini akan meningkatkan energi dan konsentrasi selama bekerja. Selain itu, beristirahat juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko sakit kepala, mata tegang, dan sakit punggung akibat stres kerja. Kamu dapat memaksimalkan waktu istirahatmu untuk menyendiri sejenak atau melakukan hobi yang kamu sukai. Hindari kegiatan yang memicu kamu untuk kembali bekerja seperti memeriksa email, membuka pemberitahuan di smartphone, atau mengakses media sosial.

 

2. Rancang Meja Kerjamu Senyaman Mungkin

 

Smart People, kamu juga dapat mengubah suasana meja kerjamu. Meja kerja adalah lingkungan yang kamu hadapi setiap hari. Jika lingkungan ini terasa menjemukan, perhatianmu akan mudah teralihkan sehingga konsentrasi menurun. Meja kerja yang dirancang sendiri dapat membantumu mempertahankan fokus dan meningkatkan produktivitas. Jadi, mulailah meletakkan beberapa dekorasi di atas meja kerjamu untuk membuatnya semakin menarik dan membuat kenyamananmu meningkat.

 

3. Memiliki Waktu Tidur Dengan Cukup

 

Smart People, kurangi kebiasaan begadang di malam hari, ya. Jam tidur yang kurang dapat menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan. Tidak hanya itu, proses kognitif seperti kemampuan berbahasa, memusatkan perhatian, mengambil keputusan, belajar, serta ingatan juga bisa terkena dampaknya. Kamu dapat menghindari hal tersebut dengan mencukupi kebutuhan tidur selama 7 jam setiap hari. Hindari berbagai kegiatan yang dapat membuatmu menunda tidur. Jika kurang tidur merupakan salah satu penyebab seringnya kamu sulit berkonsentrasi, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang di saat jam makan siang. Hal tersebut karena, tidur siang beberapa menit di kantor memiliki banyak manfaat untuk karyawan.

 

4. Mengerjakan Tugas Dari Yang Terpenting

 

Smart People, meskipun tugas yang diberikan atasanmu banyak, kamu harus membuat prioritas. Utamakan pekerjaan yang deadline-nya sudah dekat. Kamu perlu memiliki fokus dan konsentrasi menyelesaikan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, berlanjut ke pekerjaan terpenting berikutnya di urutan kedua. Hal tersebut akan membuat hasil pekerjaanmu maksimal dan risiko kesalahan sedikit.

 

5. Memikirkan satu hal pada satu waktu

 

Smart People, kamu juga dapat menggunakan to do list agar kamu fokus menyelesaikan satu per satu pekerjaan. Sejatinya, otak manusia memiliki keterbatasan dalam memikirkan lebih dari satu hal pada saat yang sama. Memaksakan diri untuk mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dapat memecah konsentrasi dan menurunkan produktivitas. Memang sulit untuk mengentaskan pikiran yang muncul begitu saja saat bekerja. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan membuat sebuah daftar berisikan berbagai hal yang perlu dilakukan. Lakukan satu demi satu dan berikan checklist usai mengerjakannya.

 

Smart People, melakukan aktivitas apapun selalu dibutuhkan fokus dan konsentrasi, terlebih untuk sesuatu pekerjaan yang kompleks dengan tingkat fokus yang sangat tinggi. Jika kamu meningkatkan fokus dan konsentrasimu, kamu akan mendapatkan hasil kerja yang optimal. Jadi, kamu perlu mengatur cara kerja dan memanfaatkan waktumu semaksimal mungkin agar dirimu lebih nyaman dalam bekerja.

 

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

 

Facebook : @tuguinsurance

Instagram : @tuguinsurance

Twitter : @tuguinsurance

Linkedin : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

Tiktok : tuguinsurance

 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan