Kenali Serba-Serbi Asuransi Barang Kargo

By Tugu Insurance published at 29 August 2022
Read 854 times
Kenali Serba-Serbi Asuransi Barang Kargo

Smart people, menentukan pengiriman yang tepat merupakan kunci untuk mengembangkan bisnis. Salah satu jasa pengiriman yang sering digunakan adalah pengiriman kargo. Sebagai salah satu jasa  pengiriman yang sering digunakan tentunya baik pelaku usaha ataupun pemilik barang akan memikirkan jaminan atau asuransi atas barang yang dikirimkan melalui kargo.

 

Pengiriman kargo merupakan jasa pengiriman barang berukuran atau bervolume besar untuk jarak tujuan jauh dengan harga yang relatif ekonomis. Oleh karena itu, metode ini sering diandalkan untuk kegiatan ekspor impor dibandingkan dengan pengiriman ekspedisi lainnya.

 

Walaupun dianggap sebagai salah satu metode yang aman, pengiriman kargo tetap memerlukan asuransi barang. Hal ini untuk melindungi proses pengiriman barang dan menjamin kualitasnya tetap terjaga hingga sampai ke tangan konsumen.

 

Lalu, adakah asuransi barang khusus untuk pengiriman kargo? Tentu saja ada. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut.

 

  • Asuransi Barang Kargo

Masih soal pengiriman kargo, banyak yang belum tahu bahwa barang yang dikirim dengan kargo dapat diasuransikan dengan asuransi barang. Sama halnya dengan asuransi di pengiriman logistik, asuransi barang dalam kargo juga melindungi barang yang dikirimkan. Dari proses pengangkutan, pengiriman, hingga sampai ke tujuan. 

 

Secara sederhana, asuransi barang dapat diartikan sebagai asuransi yang menjamin barang itu dari kerugian akibat kehilangan atau kerusakan. Asuransi ini memberikan perlindungan hingga barang diterima oleh penerima di tujuan. Bentuk perlindungannya sendiri umumnya berupa kompensasi hingga 100% dari nilai atau harga barang yang dikirimkan. 

 

  • Manfaat Asuransi Barang Kargo

Pengiriman barang ekspor impor menggunakan kargo yang menempuh perjalanan jauh. Hal ini tentu memiliki resiko yang besar. Kerusakan selama perjalanan seperti hilang, tenggelam, atau hingga terbakar dan bencana alam lainnya bukan tidak mungkin terjadi.

 

Di sinilah manfaat dari asuransi barang kargo. Jika pengiriman barang kargo tersebut menggunakan asuransi barang, maka seluruh kerusakan tersebut pada dasarnya dapat ditanggung.

 

  • Jenis-Jenis Pengangkutan Barang

Jika dibagi berdasarkan jalur pengirimannya, jenis-jenis pengangkutan barang dapat dibagi menjadi jalur darat, jalur laut, dan jalur udara. Ketiga jenis pengangkutan barang ini memiliki waktu tempuh yang berbeda. Selain itu, moda transportasi yang digunakan pun beragam. Berikut ulasannya. 

 

1. Kargo Jalur Darat

Seperti namanya, kargo jalur darat merupakan proses pengiriman kargo dengan jalur darat. Opsi ini umumnya digunakan untuk pengiriman dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dan barang yang tidak terlalu berat. Moda pengirimannya sendiri terbagi atas truk untuk pengiriman berdimensi besar; bus untuk kargo yang tidak terlalu besar dengan layanan antar sampai ke pool tujuan; dan kereta api untuk daerah pengiriman se-Jawa dengan opsi muatan kecil hingga muatan besar. 

 

2. Kargo Jalur Udara

Kargo jenis ini menggunakan pesawat sebagai moda transportasi pengirimannya. Kargo jalur udara merupakan metode pengiriman tercepat, mulai dari hitungan jam untuk sampai ke tujuan. Umumnya digunakan untuk pengiriman barang mudah rusak dengan kondisi ketahanan yang tidak terlalu lama, seperti daging segar, bunga, makanan, obat-obatan, atau hewan hidup. 

 

3. Kargo Jalur Laut

Kargo jalur laut atau kargo kapal cocok digunakan untuk pengiriman barang berjumlah besar atau barang-barang berat. Jenis kargo ini mampu menjangkau banyak lokasi, bahkan lebih luas cakupannya dibandingkan jalur darat. Kargo jalur laut umumnya dimanfaatkan untuk pengiriman alat berat atau pengiriman jarak jauh, ke luar pulau maupun luar negeri. 

 

Sayangnya, kargo laut memiliki waktu pengantaran yang lebih lama dibandingkan jalur darat dan jalur udara. Belum lagi soal masalah yang mungkin dihadapi selama pengantaran, dari masalah kondisi alam di laut hingga kemungkinan-kemungkinan pembajakan. 

 

Smart People, untuk mendapatkan jaminan asuransi barang dalam pengiriman kargo, khususnya kargo kapal, kamu bisa menggunakan Marine Cargo Insurance. Asuransi kargo ini merupakan jenis asuransi kapal yang memberikan ganti rugi atas segala risiko yang mungkin terjadi saat pengiriman, barang atau produk yang dikirimkan dijamin terlindungi. 

 

Yuk, kunjungi website resmi Tugu Insurance untuk dapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi barang. Jangan lupa juga follow Instagram @tuguinsurance untuk update terbaru tentang asuransi kapal dan produk asuransi lainnya dari Tugu Insurance!