Lengkapi Penerapan K3 Bagi Pekerja dengan Asuransi Terbaik

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 10 Juni 2022
Dibaca 1848 kali
Lengkapi Penerapan K3 Bagi Pekerja dengan Asuransi Terbaik

Setiap tenaga kerja berhak mendapatkan perlindungan dan jaminan sosial di tempat mereka bekerja, apalagi pekerja lapangan yang sangat rentan menghadapi risiko kecelakaan. Karenanya, para pekerja lapangan perlu menerapkan K3.

 

K3 sendiri sudah memiliki payung hukum sehingga setiap perusahaan dan pekerja wajib menerapkannya. Selain itu, untuk menunjang jaminan keselamatan pekerja, diperlukan pula asuransi terbaik yang bisa melindungi sekaligus menjadi penerapan K3.

 

Pengertian K3

K3, atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja, adalah sebuah upaya untuk menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan para tenaga kerja. Upaya yang dilakukan adalah dengan mencegah kecelakaan atau penyakit akibat kerja, pengendalian bahaya, pengobatan, dan rehabilitasi. Selain bertujuan untuk melindungi dan menjamin keselamatan pekerja, K3 juga berfungsi meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas perusahaan.

 

Dasar Hukum K3

Ada banyak payung hukum yang mengatur K3. Salah satu yang paling utama adalah Undang-Undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Lalu, ada Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No. 4 tahun 1987 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) dan Permenaker No. 5 tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). 

 

Selain itu, Undang-Undang No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan juga mengatur kewajiban perusahaan untuk memeriksa kesehatan badan, kondisi mental, dan kemampuan fisik pekerja baru maupun yang dipindahkan ke tempat baru. Pemeriksaan ini perlu dilakukan secara berkala. Selain itu, pekerja juga berkewajiban memakai alat pelindung diri atau APD dengan benar serta mematuhi syarat K3. 

 

Perlindungan yang Perlu Dimiliki Pekerja Lapangan

Berikut adalah perlindungan yang diperlukan bagi pekerja lapangan ketika mereka bekerja: 

 

1. Helm Pengaman

Helm pengalaman atau dikenal juga dengan safety helmet berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan atau kejatuhan benda tajam dan berat. Helm ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, serta percikan bahan kimia yang berbahaya. 

 

2. Sarung Tangan

APD kedua adalah sarung tangan khusus. Sarung tangan ini berguna untuk melindungi tangan pekerja dari api, radiasi, arus listrik, bahan kimia, dan juga goresan benda tajam. Sarung tangan yang digunakan terbuat dari material khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerja. Misalnya, sarung tangan yang tahan bahan kimia.

 

3. Sepatu Boot

Idealnya, sepatu digunakan untuk melindungi kaki kita. Sepatu boot yang digunakan sebagai APD memiliki perlindungan tambahan karena sering kali bahan yang digunakan lebih tebal. Alat pelindung diri ini akan mencegah pemakainya dari luka akibat benturan atau kejatuhan barang berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas, bahan kimia, dan bahkan melindungi dari permukaan yang licin. 

 

4. Kacamata Pengaman

Kacamata pengaman memiliki desain yang berbeda dari kacamata pada umumnya. Kacamata ini akan melindungi mata dari percikan serpihan-serpihan kecil yang melayang di udara. Selain itu, kacamata pengaman akan melindungi mata dari pancaran cahaya yang menyakitkan mata ataupun uap panas.

 

5. Rompi Safety

Rompi safety, atau dikenal juga sebagai safety vest, dirancang khusus dengan reflektor yang akan memantulkan cahaya. Biasanya, rompi ini digunakan oleh pekerja di tempat dengan arus lalu lintas tinggi atau di bidang konstruksi.

 

6. Masker

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk melindungi area pernapasan pekerja. Masker yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kerja. Misalnya, pekerja yang dekat dengan penggunaan bahan kimia atau mikro-organisme akan menggunakan masker dengan desain yang berbeda dari masker yang sering kita lihat.

 

7. Pelindung Telinga

Pelindung telinga yang digunakan bisa berbentuk ear plug atau ear muff. Fungsinya adalah untuk meredam kebisingan atau tekanan yang diciptakan di area kerja. Pelindung telinga ini juga berfungsi untuk meminimalisir risiko kesehatan yang ditimbulkan karena seringnya mendengar suara bising. 

 

8. Asuransi

Terakhir, untuk melindungi pekerja dari risiko kecelakaan yang tidak diinginkan, perusahaan harus melengkapi proteksi mereka dengan asuransi terbaik.

 

Lengkapi Penerapan K3 dengan Asuransi Pekerja dari Tugu Insurance

Tugu Insurance menawarkan berbagai produk asuransi yang akan menjamin keselamatan pemiliknya. Untuk hal ini, perusahaan bisa memilih produk asuransi Workmen’s Compensation untuk asuransi bagi para pekerja lapangan. Asuransi ini akan memberi kompensasi bagi pekerja yang menderita cedera badan atau meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi saat bekerja.

 

Informasi lebih lebih lengkap mengenai polis Workmen’s Compensation dapat dilihat melalui website Tugu dan Instagram @tuguinsurance. Terapkan proteksi K3 para pekerja lapangan secara optimal dengan asuransi terbaik dari Tugu!