Ketahui Apa itu Kecelakaan Kerja dan Cara Meminimalisirnya

By Tugu Insurance published at 12 August 2022
Read 12201 times
Ketahui Apa itu Kecelakaan Kerja dan Cara Meminimalisirnya

Tak bisa dipungkiri bahwa di mana saja kita bisa terkena musibah atau kecelakaan, termasuk di tempat kerja. Apalagi untuk orang-orang yang bekerja di lapangan di mana risiko terjadinya musibah atau kecelakaan di tempat kerja cenderung lebih tinggi. Penyebab kecelakaan kerja pun beragam, mulai dari human error hingga faktor lain di luar kesalahan manusia. 

 

Kecelakaan kerja adalah hal yang harus diperhatikan karena hal tersebut tak hanya mengakibatkan cedera, melainkan juga kematian. Namun, apa kecelakaan kerja itu sendiri? Yuk, kita bahas sama-sama. 

 

Apa Itu Kecelakaan Kerja?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa musibah bisa terjadi kapan saja, termasuk di tempat kerja. Bahkan, tak hanya orang-orang yang bekerja di lapangan saja yang bisa mengalami kecelakaan kerja, pekerja kantoran pun bisa mengalami kecelakaan kerja, meski risikonya tidak setinggi pekerja lapangan. Namun, apa yang dimaksud dengan kecelakaan kerja.

 

Definisi kecelakaan kerja pun beragam. Akan tetapi, secara garis besar, kecelakaan kerja merupakan insiden atau kejadian di tempat kerja yang mengakibatkan orang cedera fisik. Di lain hal, tak hanya kecelakaan di tempat kerja saja yang masuk ke dalam kategori kecelakaan kerja, namun juga perjalanan dalam menuju tempat kerja. 

 

Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja

Tentu, terjadinya kecelakaan kerja ada penyebabnya. Ada dua faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja, yakni faktor teknis dan juga faktor non-teknis. Apa saja yang masuk ke dalam faktor-faktor tersebut?

 

Faktor Teknis

Faktor yang bisa dilihat atau menjadi penyebab kecelakaan kerja adalah faktor teknis. Faktor teknis ini berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

 

  1. Tempat kerja: tempat kerja yang tidak mengindahkan aspek-aspek keamanan pekerja akan membahayakan pekerjanya. Ketidaklayakan dari tempat kerja tersebut bisa dilihat dari bagaimana penerangan yang dimiliki suatu tempat kerja, kelistrikan tempat kerja, bahkan kebersihan. 
  2. Kondisi peralatan: selain tempat kerja, hal yang dapat membahayakan pekerja adalah kondisi peralatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Apalagi perusahaan tersebut berkaitan dengan bidang konstruksi. Apabila peralatan yang digunakan tidak layak, hal ini tentu akan meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja.
  3. Transportasi: di beberapa industri, transportasi adalah hal yang paling penting agar usaha-usaha dalam industri tersebut tetap berjalan. Namun, tak hanya kondisi transportasi yang buruk saja yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan kerja, namun juga beberapa hal di antaranya adalah beban berlebihan, penggunaan alat yang tidak tepat, dan yang lainnya juga bisa mencelakakan pekerja.

Faktor Non-Teknis

Selain faktor teknis ada faktor lain, yaitu faktor non-teknis yang bisa meningkatkan kecelakaan di tempat kerja. Faktor non-teknis ini berkaitan dengan manusia yang bekerja di suatu tempat kerja. Apa sajakah faktor non-teknis yang bisa berisiko mengakibatkan kecelakaan kerja?

 

  1. Kemampuan dan keterampilan yang kurang: faktor non-teknis pertama adalah dari segi kurangnya kemampuan atau keterampilan dari pekerja. Kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan suatu alat akan meningkatkan risiko kecelakaan kerja.
  2. Bekerja tanpa alat keselamatan: semakin berbahaya suatu pekerjaan, tentu risiko terjadi kecelakaan akan semakin besar. Dengan demikian, menggunakan perangkat keselamatan sangatlah penting. Abainya menggunakan alat pelindung adalah faktor paling besar yang mengakibatkan seorang pekerja mengalami kecelakaan.

Cara Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Hanya karena bekerja di tempat yang tinggi risiko, bukan berarti kecelakaan kerja tidak bisa diminimalisir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mengurangi risiko terjadinya insiden, di antaranya:

 

1. Lengkapi diri dengan Alat Pelindung Diri (APD)

Langkah pertama agar kamu terhindar dari insiden yang membuatmu cedera adalah dengan melengkapi diri dengan APD atau Alat Pelindung Diri. Misal, pekerja konstruksi harus melengkapi diri mereka dengan menggunakan helm pelindung dan sepatu karet pelindung agar meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

 

2. Patuhi SOP kerja

Di dunia profesional ada hal yang wajib dimiliki, yakni SOP kerja. SOP sendiri merupakan singkatan dari Standard Operating Procedure. Di dalam dokumen SOP ini terdapat poin-poin yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih aman dan juga nyaman. Maka dari itu, agar terhindar dari kemungkinan cedera fisik akibat human error, patuhi SOP yang dibuat oleh suatu perusahaan.

 

3. Bertanya apabila ada yang tidak dimengerti

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ketidak ketahuan adalah faktor dari meningkatnya risiko terjadinya insiden di tempat kerja. Dengan demikian, apabila hal yang tidak diketahui sebaiknya kamu bertanya dengan atasan atau rekan kerja yang sudah lama bekerja di tempat kerjamu.

 

4. Menggunakan Tugu Workmen’s Compensation 

Meminimalisir risiko dengan melakukan tiga poin di atas sangatlah perlu. Akan tetapi, kecelakaan merupakan hal yang di luar kontrol kita. Untuk memaksimalkan perlindungan, kamu bisa menggunakan layanan perlindungan dari Tugu melalui produknya, yakni Tugu Workmen’s Compensation. Produk Tugu satu ini akan memberikan perlindungan dan jaminan untuk Anda yang bekerja di tempat yang memiliki risiko tinggi.

 

Berkenalan dengan Tugu Workmen’s Compensation

Tugu menghadirkan salah satu produknya yang akan memberikan perlindungan bagi pekerja, yaitu Tugu Workmen’s Compensation. Tugu Workmen’s Compensation ini akan memberikan tanggungan pada penanggung apabila mengalami cedera. Selain itu, Tugu Workmen’s Compensation ini akan memberikan manfaat tak hanya untuk para pekerja, namun juga keluarganya. Tertanggung dan keluarganya akan mendapatkan manfaat seperti biaya pengobatan, biaya santunan cacat tetap (disablement), dan santunan kematian karena kecelakaan untuk keluarga yang tertanggung. 

 

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang kecelakaan kerja dan bagaimana meminimalisir risikonya. Pastikan kamu sudah memahami seluruh biaya, manfaat, dan produk yang kamu pilih sebelum menyetujui polis asuransi. Untuk cek produk asuransi lain dari Tugu Insurance, kunjungi website resminya dan jangan lupa follow Instagram @tuguinsurance!