Inilah 5 Tips Memilih Perusahaan Penyedia Asuransi Umum untuk Karyawan

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 16 Desember 2022
Dibaca 579 kali
Inilah 5 Tips Memilih Perusahaan Penyedia Asuransi Umum untuk Karyawan

Apa saja aspek yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi umum untuk karyawan? Saat ini, sangat penting memiliki asuransi sebagai “tameng” untuk proteksi terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi tanpa diprediksi di masa depan. Risiko-risiko tersebut pun bisa mengancam karyawan yang kamu pekerjakan. Untuk memberikan perlindungan terbaik bagi karyawan, kamu bisa simak tips memilih penyedia asuransi umum berikut ini!

Apa itu asuransi umum?

Sebelum masuk ke pembahasan soal tips memilih penyedia asuransi, sudahkah kamu tahu apa itu asuransi umum? Pada dasarnya, asuransi ini memberikan bantuan keuangan jika terjadi kerusakan atau kehilangan aset yang diasuransikan. Nantinya, perusahaan asuransi akan membayar uang pertanggungan untuk mengganti kerusakan tersebut.

Contoh penerapan asuransi umum adalah proteksi terhadap risiko kerusakan kendaraan. Dengan mengikuti asuransi kendaraan, maka saat nanti terjadi kerusakan, perusahaan asuransi akan mengganti sebagian atau keseluruhan biaya perbaikan kendaraan.

Jenis asuransi umum

Sesuai namanya, asuransi umum memberikan perlindungan secara general. Asuransi ini kemudian dibagi menjadi beberapa jenis proteksi yang lebih spesifik. Salah satu jenis asuransi umum yang lazim ditemukan di Indonesia adalah asuransi kendaraan. Biasanya, asuransi kendaraan dibagi lagi menjadi dua, yaitu asuransi comprehensive dan total loss only.

Contoh jenis asuransi umum lainnya adalah asuransi kredit dan penjaminan. Seperti namanya, asuransi umum yang satu ini memberikan proteksi jika suatu saat debitur (pihak yang menerima pinjaman) tidak bisa melunasi kewajibannya kepada kreditur (pihak yang memberi pinjaman).

Selain kedua produk asuransi tersebut, ada juga asuransi penerbangan, asuransi kebakaran, asuransi kapal, asuransi kontra garansi bank, hingga asuransi jaminan pelaksanaan.

Ragam jenis asuransi di atas membuktikan bahwa asuransi umum penting untuk dimiliki setiap orang, tak terkecuali karyawan. Oleh karenanya, penting bagi para perusahaan untuk menyediakan produk asuransi umum, tentunya dari pihak penyedia yang tepat dan terpercaya.

5 Tips memilih perusahaan penyedia asuransi umum untuk karyawan

Agar karyawan bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari asuransi umum, maka perusahaan wajib memilih penyedia yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih perusahaan penyedia asuransi untuk karyawan.

  • Track record perusahaan penyedia asuransi

Poin ini merupakan indikator paling penting saat memilih penyedia asuransi umum. Pastikan perusahaan penyedia yang kamu pilih punya track record yang baik. Coba lakukan cross check dengan klien mereka. Tak ada salahnya juga untuk meminta rekomendasi dari rekan bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menelusuri track record penyedia di internet.

  • Ragam produk asuransi umum yang ditawarkan

Sebaiknya, pilihlah penyedia yang memberikan solusi proteksi menyeluruh. Ini akan memberikan perlindungan terbaik bagi karyawanmu. Akan lebih baik lagi jika asuransi pilihanmu tidak hanya memberikan proteksi untuk karyawan, tapi juga keluarga yang menjadi tanggungan mereka.

  • Perhitungkan premi

Salah satu aspek yang harus kamu perhatikan saat memilih penyedia asuransi adalah premi. Pastikan perusahaan penyedia memiliki produk asuransi dengan premi sesuai kemampuan finansial bisnismu. Jangan ragu untuk menanyakan tentang skema premi yang ditanyakan, terutama jika terdapat komponen biaya yang terasa asing.

  • Kemudahan proses administrasi

Mengurus administrasi asuransi umum untuk karyawan tentu tidak sama saat kamu mengurus asuransi untuk pribadi. Asuransi untuk karyawan melibatkan lebih banyak orang, otomatis prosesnya pun lebih panjang.

Oleh karenanya, pilihlah perusahaan penyedia yang menawarkan kemudahan proses administrasi. Dengan proses administrasi yang praktis, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan biaya untuk mendaftarkan asuransi bagi karyawan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Terakhir, sesuaikan asuransi umum dengan kebutuhan karyawanmu. Tiap perusahaan pasti menghadapi risiko kerja yang berbeda. Misalnya, pekerja lapangan perusahaan tambang pasti butuh proteksi fisik ekstra dibandingkan dengan pekerja yang mendapatkan job desk di kantor.

Cermati kebutuhan proteksi seperti apa yang paling dibutuhkan oleh karyawanmu. Namun, umumnya, perusahaan di Indonesia memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa untuk para karyawan.

 

Kunci dalam memilih perusahaan penyedia asuransi umum untuk karyawan adalah melihat track record-nya. Kamu juga harus memastikan bahwa perusahaan telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Tugu Insurance.

Tugu Insurance menawarkan beragam jenis asuransi umum untuk melindungi pekerja. Kamu bahkan bisa memilih proteksi sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu, Tugu Insurance juga sudah menyediakan layanan customer care yang selalu sedia 24 jam non-stop untuk memudahkan kamu dalam mengakses manfaat asuransi. Tertarik? Kamu bisa simak detail lengkapnya di sini!