Inilah 5 Jenis Produk Asuransi Kapal yang Wajib Diketahui

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 28 Desember 2021
Dibaca 37306 kali
Inilah 5 Jenis Produk Asuransi Kapal yang Wajib Diketahui

Bicara soal berbagai jenis kapal, asuransi kapal merupakan salah satu bentuk asuransi yang wajib dimiliki oleh para pemilik dan pengelola kapal laut. Di Indonesia, jenis asuransi ini memang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Seperti namanya, asuransi kapal memberikan jaminan terhadap pengangkutan yang berkaitan dengan kapal laut serta muatannya. Dengan asuransi kapal, para pemilik kapal akan memperoleh Tanggungan atas segala resiko akibat bahaya di laut pada pelayaran tertentu dalam jangka waktu tertentu.

 

Untuk mengantisipasi kecelakaan ataupun kerusakan kapal, para pemilik kapal wajib memiliki asuransi kapal. Hal ini telah ditetapkan pula melalui  Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut nomor UM.003/94/16/DJPL.15 tanggal 30 November 2015, yang menyatakan bahwa kapal yang layak diasuransikan adalah kapal yang memiliki bobot kotor diatas 35 ton dan lingkup pelayaran di dalam negeri. Bukan hanya itu. Dalam Konvensi Internasional Nairobi tanggal 14 April 2015, disebutkan bahwa kapal yang berlayar ke luar negeri berukuran diatas 300 GT dan jenis kapal kayu sudah wajib memiliki asuransi penyingkiran kerangka kapal.

 

Dirjen Perhubungan Laut pun telah menginstruksikan, bahwa pemilik kapal yang mengabaikan ketentuan tersebut akan mendapatkan sanksi administratif. Mulai dari peringatan, pembekuan izin hingga pencabutan izin. Jika masih terus membandel, pemilik kapal juga berisiko tidak memperoleh pelayanan operasional, seperti pemanduan, sandar, hingga bongkar-muat.

Jenis-Jenis Asuransi Kapal

Smart People, melakukan aktivitas pelayaran memang memiliki banyak risiko. Memahami kondisi tersebut, Tugu Insurance pun menyediakan beragam jenis asuransi kapal yang dibutuhkan oleh para pemilik angkutan laut sebagai salah satu produk asuransi kerugian. Asuransi Kapal dari Tugu Insurance memberikan perlindungan menyeluruh atas berbagai risiko yang mungkin timbul selama proses pembangunan kapal dan kegiatan pengangkutan barang di laut. Ada apa saja ya jenisnya? Simak selengkapnya berikut ini!

 

1. Builders Risk Insurance

Jenis asuransi kapal ini akan memberikan jaminan seluruh kerugian dan kerusakan yang disebabkan atau ditemukan pada materi pokok rangka kapal selama periode asuransi berlangsung. Adapun objek yang bisa dipertanggungkan, yaitu Hull & machinery yang berada dan menyatu atau sedang dibangun pada dock yard atau tempat kontraktor. Asuransi ini juga menjamin mesin yang diasuransikan selama periode konstruksi yang dilakukan sub-kontraktor. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan  Builder Risk Insurance untuk menjamin mesin yang diasuransikan sejak diserahkan kepada pembangun. Lalu, perusahaan seperti apa saja yang memerlukan jenis asuransi kapal ini? Nah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Builder Risk Insurance apabila perusahaanmu merupakan perusahaan pembangunan kapal; perusahaan sub-kontraktor pembangunan kapal; perusahaan pemesan kapal; maupun perusahaan pembiayaan pembangunan kapal.

 

2. Marine Cargo Insurance

Marine Cargo Insurance merupakan jenis asuransi kapal yang memberikan ganti rugi kepada Tertanggung atas segala risiko yang mungkin timbul saat pengangkutan barang di laut. Dengan menggunakan jenis asuransi ini kamu akan memperoleh jaminan pada kerugian atau kerusakan pada objek yang diasuransikan; General average dan biaya penyelamatan; serta Tabrakan kapal di mana keduanya bersalah. Ada banyak ragam perusahaan yang memerlukan Marine Cargo Insurance. Mulai dari perusahaan perdagangan, perusahaan konstruksi, perusahaan manufaktur, ataupun jenis perusahaan lainnya yang memerlukan pengangkutan barang.

 

3. Protection and Indemnity Insurance

Berbeda dengan dua jenis asuransi kapal yang telah disebutkan sebelumnya, Protection and Indemnity Insurance  memberikan pertanggungan asuransi karena dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan operasi suatu kapal, salah satunya pencemaran lingkungan. Jenis asuransi kapal ini mempertanggungkan pencemaran lingkungan; kerusakan terhadap kapal tanpa sentuhan; dan tabrakan dengan kapal lain. Pada umumnya, Protection and Indemnity Insurance dibutuhkan oleh perusahaan pembangunan kapal, perusahaan pemesan kapal, serta perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman laut.

 

4. Marine Hull and Machinery Insurance

Jenis asuransi kapal  yang satu ini menyediakan pertanggungan asuransi terhadap risiko kerugian dan kerusakan yang terjadi pada kapal dan mesinnya, termasuk pertanggungan atas pihak ketiga yang dirugikan atas kejadian tersebut. Dengan Marine Hull and Machinery Insurance,  kamu akan memperoleh pertanggungan atas pencemaran lingkungan; kerusakan terhadap kapal tanpa sentuhan; tabrakan dengan kapal lain; serta tanggung jawab pihak ketiga. Jika perusahaanmu merupakan perusahaan pembangunan kapal, perusahaan pemesan kapal, atau perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman laut, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Marine Hull and Machinery Insurance.

 

5. Marine Operation All Risks Insurance

Yang tak kalah penting dibandingkan dengan semua jenis asuransi kapal yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu Marine Operation All Risks Insurance. Sebagai perusahaan asuransi terpercaya selama lebih dari 38 tahun, Tugu Insurance menyediakan perlindungan Marine Operation All Risk Insurance berupa ganti rugi kepada tertanggung terhadap kerugian yang timbul dari kerusakan fisik atas kapal tertanggung akibat dari risiko operasional. Asuransi ini akan memberimu jaminan atas kerugian atau kerusakan total, baik aktual atau konstruktif dari Kapal yang disebabkan oleh  kapal dan suku cadang, kerusakan mesin, menjamin selama mesin beroperasi komersial, baik  sedang bekerja atau sedang istirahat atau dibongkar untuk tujuan pembersihan, perombakan, atau  dipindahkan di dalam lokasi, atau dalam proses pemasangan ulang, serta risiko kenaikan nilai. Jenis asuransi kapal ini dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi;, perusahaan yang bergerak dibidang penyedia energi, serta perusahaan perkapalan.

 

Smart People, ada cukup banyak jenis asuransi kapal yang penting untuk digunakan oleh perusahaanmu. Dengan artikel ini, semoga  kamu terbantu untuk mempertimbangkan jenis asuransi kapal mana yang lebih sesuai kebutuhan. Yang mana pun jenis asuransi kapal pilihanmu, pastikan perusahaan kapal yang kamu Kelola memiliki asuransi sebagaimana ketentuan yang telah berlaku, ya.

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

FB : @tuguinsurance

IG : @tuguinsurance

TW : @tuguinsurance

LinkedIn : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan