Pentingkah CSR Perusahaan Dilakukan? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 12 Agustus 2022
Dibaca 12674 kali
Pentingkah CSR Perusahaan Dilakukan? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

CSR perusahaan merupakan bentuk tanggung jawab bagi perusahaan dan seluruh pihak yang ada di dalamnya untuk terlibat aktif dalam membangun ekonomi berkelanjutan. Tujuannya demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan di sekitarnya.

Sesuai singkatannya, Corporation Social Responsibility atau CSR perusahaan adalah hal yang wajib dilaksanakan. Oleh karenanya, terdapat sanksi atau hukuman yang akan diterima perusahaan jika tidak melaksanakan CSR.

 

Apa itu CSR Perusahaan dan Fungsinya?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3, pengertian CSR perusahaan adalah komitmen perseroan untuk terlibat aktif dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan yang bermanfaat, baik bagi komunitas setempat, perseroan, maupun masyarakat pada umumnya.

 

Biasanya, anggaran dana CSR yang digunakan adalah sekitar 2-3 persen dari total keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam setahun. Jenis-jenis program CSR yang bisa diselenggarakan pun cukup beragam. Mulai dari rehabilitasi alam, penggunaan sumber daya energi terbarukan, pengolahan limbah, hingga aktivitas-aktivitas sosial yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

 

Tujuan dari CSR Perusahaan

CSR perusahaan tidak hanya bertujuan untuk menjaga nama baik perusahaan, tetapi juga menciptakan hubungan yang baik dengan pemegang kuasa dan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah usaha. Lebih dari itu, program CSR perusahaan diharapkan mampu mengatasi masalah yang muncul selama perusahaan beroperasi, termasuk mengatasi masalah ekonomi, lingkungan, dan sosial yang ada.

 

Banyaknya tujuan yang bisa dicapai dari pelaksanaan program CSR perusahaan, maka tidak heran jika program CSR biasanya perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Ini dilakukan agar citra perusahaan tetap bernilai baik bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

 

Dampak CSR bagi Perusahaan

Program CSR perusahaan yang terlaksana dengan baik, akan membawa dampak positif bagi perusahaan itu sendiri. Berikut dampak positif CSR bagi perusahaan yang perlu diketahui:

 

Menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan pihak lain

Program CSR perusahaan memberi kesempatan bagi perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak lain. Ini dikarenakan masyarakat maupun lingkungan di sekitar bisa mendapat manfaat yang ditawarkan program CSR itu sendiri. Tentu saja, hubungan baik antara perusahaan dengan pihak-pihak lain sangat berpengaruh bagi pertumbuhan perusahaan di masa mendatang.

 

Meningkatkan citra positif serta brand awareness

Selanjutnya, dampak positif CSR perusahaan yaitu meningkatkan citra positif serta brand awareness. Pasalnya, melalui tanggung jawab program CSR ini, perusahaan ikut serta dalam menjamin kesejahteraan masyarakat maupun lingkungan sekitar. Semakin perusahaan dikenal baik, maka brand awareness pun bisa meningkat secara otomatis.

 

Turut meningkatkan kelestarian lingkungan hidup

Bagi perusahaan yang berkaitan dengan produksi limbah atau polusi udara, maka program CSR adalah bukti nyata usaha yang dilakukan pihak perusahaan dalam meningkatkan kelestarian lingkungan hidup. Misalnya dengan melakukan kegiatan pengolahan limbah berbasis lingkungan sehingga aman bagi ekosistem di sekitarnya.

 

Bakti Tugu Insurance

Melihat pentingnya pelaksanaan CSR perusahaan, maka Tugu Insurance menyelenggarakan berbagai program CSR melalui Bakti Tugu Insurance. Program-program tersebut antara lain mencakup Program Kesehatan dan Keselamatan, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Literasi Keuangan, serta Pemberdayaan Masyarakat. Setidaknya ada lebih dari 17.000 orang dari berbagai kalangan masyarakat yang ikut serta dan mendapatkan manfaat dari kegiatan-kegiatan Bakti Tugu Insurance.

 

Bahkan di tengah situasi pandemi, Bakti Tugu Insurance turut menyediakan sentra vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu program CSR perusahaan. Kegiatan Bakti Tugu Insurance lainnya juga berupa pelestarian hutan. Melalui kegiatan ini, Tugu Insurance sukses melakukan rehabilitasi lebih dari 56 hektare area hutan dan lahan kritis di Cianjur, Jawa Barat. Ada pula kegiatan CSR perusahaan berupa pemberdayaan petani, pemberian ambulans gratis, serta pemberdayaan bagi Insan Berkemampuan Khusus (IBK).

 

Ternyata, CSR perusahaan tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Berkaca dari program-program CSR Tugu Insurance, diharapkan kamu juga termotivasi untuk terus melakukan hal-hal baik demi mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Jangan lupa, cari tahu detail produk asuransi Tugu lainnya di website resmi Tugu dan Instagram @tuguinsurance!