3 Pekerjaan Paling Menjanjikan Namun Mempunyai Risiko Tinggi

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 10 Agustus 2022
Dibaca 8364 kali
3 Pekerjaan Paling Menjanjikan Namun Mempunyai Risiko Tinggi

Hallo Smart People, salah satu tujuan hidup pada umumnya adalah memiliki pekerjaan yang menjanjikan dengan penghasilan tinggi demi kehidupan yang jauh lebih baik di esok hari. Karenanya, penghasilan dalam suatu bidang pekerjaan merupakan aspek krusial.

 

Nah, ternyata ada beberapa pekerjaan dengan penghasilan yang menjanjikan, namun mempunyai tingkat bahaya dan risiko yang tinggi bagi Pekerjanya. Pekerjaan tersebut diantaranya memerlukan kemampuan khusus serta keberanian untuk menjalaninya. Berikut tiga pekerjaan dengan risiko tinggi:

 

2. Teknisi Tambang, Minyak, dan Mineral

 

Teknisi tambang, minyak, dan mineral merupakan pekerjaan yang menjadi idaman kebanyakan orang. Banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan ini, kabarnya untuk karyawan fresh graduate mereka mendapatkan penghasilan hingga 20 juta Rupiah.

 

Namun, risiko yang menimpa mereka juga besar, Smart People!  Terbatasnya ruang yang mereka jajaki sudah jelas akan mempertinggi risiko yang dapat mengancam keselamatan. Bahaya tertabrak kendaraan bergerak (loader, truk bawah tanah) menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang lumayan tinggi akibat terbatasnya ruang.

 

Mereka juga bertanggung jawab dalam upaya pencarian dan pengolahan minyak bumi dan gas alam, pengembangan material baru (seperti logam dan keramik), serta pengembangan teknologi pengolahan. Selain dibutuhkan pengetahuan mengenai bidang teknik, pekerjaan ini juga memerlukan kemampuan dalam mengontrol biaya produksi untuk komersialisasi.

 

Terbayang bukan risiko yang harus mereka lewati? Tapi, kamu nggak perlu khawatir, setiap perusahaan pastinya mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja untuk para pekerjanya.

 

2. Ahli Konstruksi

 

Smart People, mengingat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi sepertinya memang tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, kebutuhan akan ahli konstruksi cukup tinggi, tidak heran jika profesi ini juga termasuk dalam deretan pekerjaan dengan penghasilan tertinggi di Indonesia. Nilai penghasilan yang ditawarkan untuk ahli konstruksi dengan pengalaman di bawah 5 tahun berkisar pada angka 7 hingga 15 juta Rupiah.

 

Namun begitu, pekerja konstruksi memiliki risiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Yang pernah tercatat diantaranya seperti ambruknya jalan tol akibat tiang penyangga yang karatan, jatuhnya besi pada jalan tol Cibitung-Cimanggis, dll.

 

3. Awak Kabin Pesawat

 

Smart People, profesi awak kabin atau pramugari dan pramugara memiliki tingkat risiko yang tinggi. Kecelakaan pesawat bukan hanya mengancam pilot dan penumpang namun juga menjadi risiko bagi awak kabin.

 

Dikutip dari https://databooks.katadata.co.id, dalam dua dekade terakhir telah terjadi 45 kecelakaan pesawat fatal di Indonesia. Sebanyak 30 kecelakaan fatal terjadi sepanjang periode 2002-2011, sedangkan 15 kecelakaan fatal lainnya pada 2012-2021

 

Tugas para awak kabin dalam sebuah pesawat di antaranya melayani penumpang hingga memberikan pengarahan mengenai keselamatan, keamanan dan kenyamanan para penumpang. Oleh karena itu, awak kabin juga berkontribusi cukup besar terhadap keselamatan penumpang. Hal mudah yang biasa dilakukan sebelum penerbangan adalah ketika para awak kabin memperagakan bagaimana cara menyelamatkan diri jika pesawat dalam keadaan buruk.

 

Dengan risiko yang tidak dapat terduga saat terbang dan harus memiliki sifat yang tenang dan cekatan untuk melayani kebutuhan penumpang, penghasilan awak kabin, umumnya mencapai sekitar 10 hingga 20 juta Rupiah perbulan.

 

Smart People, setiap pekerjaan memiliki tingkat risiko masing-masing, namun memang ada jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam kategori pekerjaan yang memiliki risiko tinggi karena mereka memiliki keahlian khusus dan tanggung jawab yang tinggi. Bahkan selain tiga pekerjaan di atas, seiring perkembangan zaman membuktikan bahwa risiko pada setiap pilihan, pekerjaan, hingga impian semakin banyak. Risiko dapat datang dari mana saja, entah karena sebuah kelalaian atau bahkan bencana alam yang tidak dapat diprediksi. Hal-hal tersebut membuktikan bahwa banyak risiko yang menciptakan kekhawatiran dan menjadikan “zona nyaman” sebagai pilihan.

 

Tugu Insurance mengajak kita semua untuk #BeraniMelangkahMaju setelah melihat kegigihan para pekerja lapangan di industri yang berisiko tinggi, yaitu mereka yang berani mengalahkan rasa takut dan ragu akan risiko besar yang ada.

 

Yuk, Smart People Berani Melangkah Maju untuk melakukan aksi nyata, agar kehidupan jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

 

Facebook    : @tuguinsurance

Instagram    : @tuguinsurance

Twitter         : @tuguinsurance

Tiktok          : @tuguinsurance

LinkedIn       : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan