Pilih Maskapai Untuk Penerbangan yang Lebih Nyaman, Berikut Tips-nya!

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 26 Agustus 2022
Dibaca 428 kali
Pilih Maskapai Untuk Penerbangan yang Lebih Nyaman, Berikut Tips-nya!

Smart People, banyak orang yang memilih maskapai pesawat sebagai moda transportasi untuk bepergian, terutama bila tempat tujuannya cukup jauh. Karena meskipun harganya lebih mahal, bepergian menggunakan pesawat dirasa lebih nyaman dan efisien.

 

Namun bagi yang belum pernah atau belum terbiasa menaiki pesawat, mungkin akan merasa sedikit takut atau khawatir. Sekalipun bencana tidak bisa diprediksi manusia, tetapi sebagai penumpang sebaiknya kamu harus berhati-hati. Insiden pesawat jatuh di Indonesia bukan suatu kabar baru, penyebabnya ada beberapa faktor, mulai dari human error, kerusakan mesin, hingga faktor alam.

 

Oleh karena itu, kamu harus mengupayakan semaksimal mungkin untuk menghindari kecelakaan dengan memilih maskapai penerbangan yang baik. Lantas, apa saja tips memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman? Berikut Tipsnya!

 

1. Melihat Reputasi Maskapai Penerbangan yang Baik

 

Smart People, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih maskapai penerbangan yang memiliki reputasi baik. Kalau bisa, pilih maskapai yang paling baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri dengan melakukan pencarian di berbagai sumber yang bisa didapat dengan mudah di internet.

 

Kamu dapat melihat manajemen perusahaan hingga kualitas serta performa maskapai itu sendiri. Semakin baik manajemen perusahaan, maka akan semakin baik pula tanggung jawabnya terhadap penumpang. Selain itu, pemilihan pesawatnya juga cukup penting. Karena maskapai yang baik, akan selalu memperbarui pesawatnya ke versi terbaru dengan peremajaan pesawat.

 

2. Melihat Tracking Info Seputar Pilot dan Awak Kabin yang Profesional

 

Indikator pilot dan awak kabin profesional bisa diketahui dari jam terbangnya juga Smart People! Atau juga cara awak kabin melayani para penumpang. Tips ini bisa didapatkan dengan cara mengakses informasi terkait penghargaan maskapai terbaik setiap tahunnya. Penghargaan ini dilakukan oleh sebuah lembaga yang berfokus pada dunia transportasi dan penerbangan.

 

3. Melihat Harga dan Fasilitas Sebanding Atau Tidak

 

Setiap maskapai penerbangan tentu mematok harga yang berbeda-beda, kamu harus cermat dalam memilih maskapai mana yang akan kamu gunakan pesawatnya. Saat ini memang ada banyak maskapai yang menawarkan harga tiket terjangkau dan menggoda. Namun, keamanan dan kenyamanan pesawat adalah yang utama. Sebab faktor kenyamanan menjadi salah satu poin penting dalam memilih sebuah maskapai, terutama bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan jauh.

 

Ada beberapa yang dapat kamu cek, mulai dari jarak antar tempat duduk, bagasi gratis yang disediakan, makanan di saat penerbangan, kecepatan layanan pelanggan dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan track record tentang keterlambatan atau ketepatan waktu maskapai itu sendiri.

Smart People, kamu harus jeli dengan berpikir “sebuah maskapai tidak mungkin mematok harga mahal jika pelayanannya tidak lebih baik dari maskapai lain yang harganya lebih murah”. Karena itu, sebaiknya pilihlah maskapai yang harga tiketnya sedikit lebih mahal tapi memiliki tingkat pelayanan dan fasilitas yang lebih baik.

 

4. Cari Testimoni Penumpang Lain Sebelum Memilih Maskapai

 

Smart People, kamu juga dapat memilih maskapai terbaik melalui cerita para penumpang. Sebab penumpang sebelumnya pasti sudah memiliki pengalaman dan tanggapannya sendiri tentang sebuah maskapai penerbangan. Cara melakukannya cukup mudah. Kamu bisa bertanya pada saudara, kerabat atau membaca testimoni para penumpang sebelumnya di internet tentang maskapai paling baik mana yang pernah mereka gunakan. Testimoni mereka bisa kamu jadikan rujukan dalam memilih maskapai mana yang paling cocok, aman dan nyaman.

 

Smart People, kelima hal tersebut dapat kamu terapkan saat akan memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman. Namun, selain hal di atas kamu perlu melihat apakah peran maskapai penerbangan memberikan perlindungan lebih/ asuransi untuk kerugian dan/atau kerusakan rangka pesawat, serta kewajiban yang timbul dari suatu kecelakaan.

 

Seperti produk asuransi Tugu Insurance, Aviation Hull and Liability Insurance dengan objek yang bisa dipertanggungkan yaitu kerusakan pada rangka pesawat, tanggung jawab terhadap awak kabin dan sampai dengan tanggung jawab kepada pihak ketiga. Smart People, perjalanan udara pada dasarnya memiliki risiko tersendiri. Namun, bukan berarti kamu harus selalu khawatir berlebihan dan tidak bisa menikmatinya. Ikuti tips diatas untuk #BeraniMelangkahMaju menuju tujuanmu.

 

Jangan lupa share artikel ini ke orang terdekatmu dan juga follow social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

 

Facebook        : @tuguinsurance

Instagram        : @tuguinsurance

Twitter             : @tuguinsurance

Tiktok              : @tuguinsurance

LinkedIn           : PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan