Jangan Lagi Abaikan Mengapa Asuransi Motor Sangat Penting!

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 01 Juli 2021
Dibaca 20624 kali
Jangan Lagi Abaikan Mengapa Asuransi  Motor Sangat Penting!

Pengguna motor di Indonesia sangatlah besar jumlahnya. Sayangnya, jumlah ini juga diikuti oleh tingginya angka kecelakaan motor. Data menunjukkan bahwa angka kecelakaan motor di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 103.645. Berdasarkan data ini, jelas bahwa kamu tidak bisa mengabaikan pentingnya memiliki asuransi motor agar dapat terproteksi secara biaya. Untuk lebih lengkapnya, mari simak informasi berikut!

Mengapa asuransi motor sangatlah penting?

Dengan memiliki asuransi motor, kamu bisa lebih tenang berkendara karena alasan-alasan berikut ini:

  • Memberikan perlindungan

Asuransi motor tidak berbeda dari asuransi pada umumnya dalam hal memberikan manfaat perlindungan. Perlindungan yang diberikan asuransi motor meliputi musibah kecelakaan, risiko pencurian, hingga biaya perbaikan. Kamu bahkan bisa memperluas cakupan perlindungan asuransi motor jika dirasa perlu. Misalnya pemberian bantuan hukum terhadap pihak ketiga, asuransi jiwa, dan sebagainya guna mengoptimalkan manfaat dari produk asuransi ini.

  • Meringankan beban biaya

Saat kendaraan roda dua perlu diperbaiki, biasanya dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Untuk meringankan beban biaya, kamu sebaiknya memiliki asuransi motor. Umumnya, asuransi motor bisa menanggung biaya perbaikan kendaraan, baik sebagian atau keseluruhan, tergantung dari plafon perlindungan yang diberikan. Apa pun bentuknya, asuransi motor bisa membantu kamu meringankan biaya akibat risiko berkendara yang berpotensi mengganggu kondisi keuangan. 

  • Memberikan rasa aman ketika berkendara

Rasa aman ketika berkendara juga bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi motor. Dengan adanya asuransi, kamu pasti akan merasa lebih aman dan nyaman ke mana pun berkendara karena mendapat perlindungan dari berbagai macam risiko. Namun, tentu saja kamu tetap harus hati-hati dalam berkendara untuk meminimalisir risiko mengalami kecelakaan yang bisa berakibat fatal.

 

 

Tips memilih asuransi motor

Agar bisa mendapatkan asuransi motor terbaik untuk kamu, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Menyesuaikan dengan kebutuhan

Untuk memilih asuransi motor, pastikan kamu pilih jenis perlindungan yang dibutuhkan kendaraan. Menyesuaikan asuransi dengan kebutuhan dapat membantumu mendapatkan jenis perlindungan yang tepat. Penyesuaian ini bisa dilihat dari kondisi kendaraan secara detail, misalnya kondisi mesin, usia, spesifikasi kendaraan, dan sebagainya. Terdapat dua opsi asuransi motor yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

  1. Asuransi all risk (comprehensive) – Memberikan perlindungan untuk hampir seluruh risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan. Mencakup kecelakaan besar hingga kecelakaan kecil, namun dengan beberapa pengecualian pertanggungan.
  2. Asuransi total loss only (TLO) – Jenis asuransi ini memberi jaminan atas kerusakan hingga 75% atau kehilangan saja. Biasanya tidak menanggung kerusakan kecil pada kendaraan.
  • Pilih asuransi yang direkomendasikan dealer

Coba pilih asuransi yang direkomendasikan oleh dealer. Cara ini efektif jika kamu melakukannya saat pembelian kendaraan. Sebagai pihak yang sudah cukup berpengalaman dan paham tentang opsi perusahaan asuransi yang bagus dijadikan pilihan, rekomendasi dealer cukup menjanjikan. Namun, tentu saja kamu tetap harus mempertimbangkan faktor-faktor lain untuk bisa mendapatkan asuransi motor terbaik.

  • Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Selalu pilih jenis asuransi motor yang sesuai dengan kondisi keuangan. Meskipun ingin menikmati layanan terbaik dengan pertanggungan yang maksimal atas kendaraan, kamu tetap harus realistis. Semakin lengkap layanan yang kamu terima, biasanya semakin besar pula jumlah preminya.

Jadi, jangan sampai kamu memilih produk asuransi dengan jumlah premi yang besar dan di luar kemampuan keuangan. Menyesuaikan pilihan produk asuransi dengan kemampuan finansial akan membantu menghindari risiko gagal bayar atau polis lapse ke depannya.

  • Pahami produk asuransi

Penting juga untuk memahami produk asuransi mengingat setiap jenis asuransi memberikan perlindungan dan manfaat yang berbeda. Kebijakan dan aturan setiap perusahaan asuransi terkait produk yang ditawarkan juga berbeda-beda. Nah, memahami produk asuransi berarti mencari informasi dan mempelajari detail masing-masing produk sehingga dapat memilih jenis asuransi terbaik.

  • Pilih asuransi dengan layanan terbaik

Kamu bisa mendapat asuransi motor dengan layanan terbaik selama memperhatikan beberapa poin penting lain. Poin-poin ini mencakup kredibilitas perusahaan asuransi, bengkel rekanan yang dimiliki, fitur layanan yang ditawarkan, testimoni pelanggan, hingga prosedur pengajuan klaim.

asuransi motor

 

Smart People, sekarang kamu sudah tahu, bukan, mengapa memiliki asuransi motor sangatlah penting? Untuk memenuhi kebutuhan satu ini, kamu bisa menggunakan asuransi t ride dari Tugu Insurance yang memberikan manfaat berupa biaya penggantian sebesar 75% atas kehilangan dan kerusakan

Asuransi motor dengan premi yang ramah di kantong ini membantumu mendapat ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan motor. Kamu bahkan bisa ajukan klaim dengan mudah lewat berbagai channel, seperti aplikasi t drive, online, call TIA, dan kantor cabang. Lihat informasi selengkapnya di sini! Kamu juga bisa kunjungi website Tugu Insurance dan follow Instagram @tuguinsurance untuk mengetahui produk asuransi lainnya.