5 Alasan Pentingnya Grit di Dunia Kerja

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 29 Juni 2021
Dibaca 1853 kali
5 Alasan Pentingnya Grit di Dunia Kerja

Smart People, menurutmu hal apa yang paling menentukan keberhasilan seseorang dalam meraih impiannya? Mungkin jawabanmu akan bermacam-macam. Mulai dari tingkat intelegensi, banyaknya pengalaman, luasnya relasi, dan lain sebagainya. Namun seorang psikolog bernama Angela Duckworth dari University of Pennsylvania menyatakan, bahwa salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seseorang adalah grit.

Dari segi Bahasa, “grit” dapat diartikan sebagai “kegigihan” atau “ketangguhan”.  Dari sisi psikologi, grit merupakan sebuah kepribadian seseorang yang memiliki ketekunan dan semangat  untuk meraih tujuan jangka panjang. Lebih dari sekadar kerja keras, grit  adalah usaha jangka panjang untuk mewujudkan sesuatu.  Jika diibaratkan sebuah lomba lari, grit bukanlah soal seberapa cepat seseorang berlari, melainkan seberapa kuat ia terus berlari untuk mencapai tujuannya. Wah makin terbayang ya pentingnya grit di dunia kerja. Lalu bagaimana grit dapat memberimu semangat baru untuk menjadi berani lebih baik lagi disetiap harinya? Nah, biar makin paham, yuk simak 5 alasan pentingnya grit di dunia kerja berikut ini!

 

1. Grit Membuatmu Lebih Mengenali Diri Sendiri

 

Ketika kamu memiliki grit tinggi, kamu akan mencari tahu apa yang benar-benar kamu minati, bahkan menekuninya sampai mahir. Dari ketekunan mengasah sesuatu yang menjadi minatmu itulah, kamu akan menyadari apa yang sesungguhnya ingin kamu raih. Artinya, grit menjadi hal penting ketika kamu memasuki dunia kerja. Kamu tahu apa yang menjadi minatmu, sehingga kamu akan memilih pekerjaan yang bisa membuatmu selalu bersemangat menjalaninya meski banyak tantangan menghadang.

 

 

2. Grit Memberi Kesempatan yang Sama pada Setiap Orang

 

Kesuksesan itu bukan hanya milik orang yang berbakat, lho, Smart People. Faktanya, banyak orang yang berbakat bisa dikalahkan oleh mereka yang tekun dan memiliki semangat tinggi, serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan. Inilah pentingnya grit di dunia kerja. Meski seseorang tidak berbakat pada suatu bidang, namun ia tahu betul apa yang ia sukai dan mempelajarinya hingga mahir, maka ia juga punya kesempatan yang sama untuk sukses dalam pekerjaannya.

 

 

3. Grit Akan Membuatmu “Tahan Banting”

 

Memiliki impian besar berarti kamu harus “tahan banting” dalam menghadapi setiap tantangan. Semakin tinggi impianmu, maka semakin banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Dengan grit yang tinggi, kamu akan tetap bertahan pada apa yang kamu sukai.  Pengalaman gagal tak lantas membuatmu menyerah dan berhenti. Tapi justru kamu menjadikannya pembelajaran untuk bisa bangkit dan mengejar impianmu lagi. Ketika seseorang pernah gagal dan berusaha bangkit Kembali, maka di sana hadir social emotional learning yang pada akhirnya membuahkan grit untuk orang tersebut.

 

 

4. Grit Meningkatkan Fokus

 

Alasan lainnya mengapa grit penting di dunia kerja, yaitu grit membantumu fokus hingga tujuanmu tercapai. Kenapa? Karena orang yang memiliki grit akan mengerjakan sesuatu dengan sadar. Ia tahu apa yang ingin ia capai, sehingga hanya mengerjakan hal-hal yang memang perlu dilakukan untuk mewujudkan apa yang ingin dicapainya, tanpa banyak terganggu dengan urusan lain di luar tujuannya.

 

 

5. Menjadikanmu sebagai Aset Berharga Perusahaan

 

Di dunia kerja, karyawan yang berbakat sekalipun bisa kalah dengan karyawan yang tekun dan mau terus belajar, lho, Smart People. Tanpa grit, orang yang berbakat bisa saja menyerah di tengah jalan saat menemui situasi sulit. Sementara itu, untuk mengembangkan bisnisnya, tentu sebuah perusahaan harus mampu melewati berbagai tantangan. Pada saat seperti itulah, perusahaan akan menilai siapa saja karyawannya yang mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi perusahaan, bahkan bertahan dalam situasi sulit. Dari sana perusahaan akan tahu bahwa siapa karyawannya yang bisa diandalkan dan akan menjadi aset berharga untuk mengembangkan perusahaan.

Sudahkah kamu memiliki grit dalam pekerjaanmu? Jika kamu telah memahami pentingnya grit di dunia kerja dan terbiasa menerapkannya, maka bisa jadi penerapan grit tersebut akan terbawa pada kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih baik di segala bidang kehidupanmu, bukan hanya dalam bidang pekerjaan. 

Semoga artikel ini memberimu inspirasi dan semangat baru dalam bekerja ya! 

Jangan lupa untuk share artikel ini dan Follow semua social media Tugu Insurance agar kamu tidak ketinggalan info menarik!

FB : @tuguinsurance

IG : @tuguinsurance

TW : @tuguinsurance

 

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.