Inilah Keuntungan Nabung Saham yang Harus Kamu Ketahui

Oleh Tugu Insurance dipublikasikan pada 27 Mei 2021
Dibaca kali
Inilah Keuntungan Nabung Saham yang Harus Kamu Ketahui

Smart People, pada tau gak sih kalau belakangan ini nabung saham sedang menjadi tren bahasan di berbagai sosial media? Konten-konten yang berkaitan dengan saham ini telah tersebar di mana aja, dari Tiktok, Instagram, Twitter, Youtube, hingga Facebook! Menurut Bursa Efek Indonesia, per November 2020 terdapat 1,5 juta orang di Indonesia yang menjadi investor saham, lho!

 

Yuk, kita ulas lebih lengkap apa saja keuntungan nabung saham sehingga banyak yang berminat!

 

Keuntungan Nabung Saham yang Smart People Wajib Ketahui!

 

Lebih Disiplin

Smart people akan memiliki kemampuan mengelola uang yang lebih disiplin. Seperti disiplin menabung saham, disiplin mempelajari serta membeli saham, ditambah disiplin membayar tagihan tepat waktu.

 

Informasi Transparan

Keuntungan menabung saham yang tidak disadari adalah informasi transparan. Perusahaan yang secara publik menawarkan saham ke masyarakat harus membuka laporan keuangan dan aksi korporasinya ke publik. Pergerakan harga dan indeks saham pun transparan. Semua orang bisa melihatnya. Jika ada perdagangan tak wajar, BEI dan OJK akan menginformasikannya ke publik.

 

Aset Berlipat Ganda

Informasi saham yang transparan akan membantu Kamu dalam mengambil keputusan. Apakah Kamu akan menambah portofolio saham lain atau membeli lagi saham yang sama. Namun informasi ditambah kedisiplinan dan kesabaran akan membuahkan hasil. Kamu bakalan memiliki aset berlipat ganda yang bisa digunakan untuk masa depan, lho!

 

Membantu Perekonomian Negara

Keuntungan menabung saham ternyata gak hanya diperoleh oleh Kamu yang nabung saham. Dalam jangka panjang, investasi membantu perekonomian negara dikarenakan operasional perusahaan berjalan lancar, produk-produknya sampai ke tangan penjual, lalu dinikmati oleh pembeli, perusahaan untung, harga saham naik, keuntungan masuk ke investor, dan proses tersebut akan berulang terus menerus.

 

Tips Nabung Saham untuk Pemula

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan nabung saham, sekarang saatnya kamu pelajari tips-tips nabung saham bagi pemula berikut ini, ya!

 

  1. Pilih sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil

Ketika Smart People akan memulai nabung saham, Kamu akan diharuskan untuk membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas dan mengisi sejumlah dana ke rekening efek. Uang tersebutlah yang nantinya akan digunakan untuk membeli saham di pasar saham.

 

Nah, jadi pastikan untuk membandingkan biaya transaksi antar sekuritas dan pilih yang paling kecil, ya!

 

  1. Jangan sampai kebablasan

Walaupun konsep menabung saham adalah semakin besar Kamu menanam saham, maka akan semakin besar keuntungannya, tapi jangan sampai Kamu jadinya terlalu royal hingga kebablasan, lho!

 

  1. Pilih saham yang terdaftar di BEI

Daftar saham yang dikeluarkan BEI (Bursa Efek Indonesia) adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

 

Nah, untuk para pemula yang bingung dengan pembelian saham pertama bisa memilih saham yang ada di indeks saham BEI yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30. Jangan khawatir, saham-saham di indeks tersebut kebanyakan memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Selain itu perusahaan-perusahaan yang terdaftar juga merupakan perusahaan dengan latar belakang dan fundamental yang dinilai baik.

 

  1. Beli saham saat harga turun

Menurut Warren Buffett, investor ternama dunia, “alasan terbodoh dalam membeli saham adalah karena harganya naik”. Nah, kamu jangan sampai terkecoh dengan kondisi saham yang sedang naik-naiknya, ya!

 

Membeli saham saat sedang naik-naiknya adalah kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula karena terlalu mudah tergiur melihat keuntungan yang didapatkan oleh para investor lainnya.

 

  1. Membeli Saham yang Fundamental Keuangannya Baik dan Stabil

Baca baik-baik portofolio dari setiap perusahaan yang sahamnya sedang Kamu incar ya, Smart People! Lakukan screening dan filtering dengan teliti dan pilih yang kondisi keuangannya paling baik. Dengan memilih yang kondisi keuangannya baik dan stabil, Kamu dapat menekan kerugian yang mungkin terjadi, lho!

 

  1. Pilih investasi jangka panjang

Investasi saham jangka panjang biasanya lebih aman dan menguntungkan. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya investasi saham akan lebih menguntungkan jika diperlakukan layaknya menabung dengan keuntungan lebih.

 

Selain itu investasi jangka panjang juga memiliki risiko yang lebih rendah dan dengan memilih perusahaan yang tepat, keuntungan yang bisa diperoleh bisa mencapai berkali-kali lipat.

 

Nah, setelah membaca berbagai keuntungan nabung saham beserta tipsnya, Smart People jadi semakin tertarik untuk menabung saham gak? Smart People pada tau gak sih kalau saham dari Tugu Insurance dapat ditemui pada Bursa Efek Indonesia, lho! Kamu bisa menemukannya dengan kode TUGU di BEI. Selain itu Tugu Insurance juga membagikan laporan keuangannya secara transparan di website resminya.

 

Nah, Kamu gak perlu khawatir deh kalau mau jadiin Tugu sebagai tabungan sahammu. Yuk, nabung saham!